Event Kepulauan Riau

Keragaman Budaya dalam Batam International Culture Carnival 2019

Pinterest LinkedIn Tumblr

Indonesia banyak menghadirkan event yang mengangkat keragaman budaya multi etnisnya. Namun, berbagai event tersebut tidak hanya bisa diikuti oleh masyarakat lokal saja, tetapi negara lain pun bisa ikut berpartisipasi dan memeriahkan. Baru-baru ini ada sebuah karnaval berskala internasional tahunan yang baru saja diselenggarakan. Bertajuk Batam International Culture Carnival (BICC) 2019, kira-kira apa saja sih keseruan yang bisa kamu dapatkan dari event ini? Berikut informasi selengkapnya!

Batam International Culture Carnival 2019

Image source: @wirabuanaraya

Batam, Kepulauan Riau, menjadi pintu kedatangan bagian barat Indonesia dan berdekatan jaraknya dengan negara lain seperti Singapura. Kemudahan akses inilah yang menjadikan Batam sebagai tuan rumah perhelatan berskala internasional yang mengangkat keragaman budaya multi etnis. Adalah Batam International Culture Carnival (BICC) yang merupakan event tahunan kota ini dan diikuti tidak hanya oleh masyarakat Kepri saja, tetapi masyarakat seluruh Indonesia bahkan luar negeri. Di tahun 2019, event ini kembali dihadirkan pada tanggal 7- 8 Desember.

Image source: @_berbeda

Bila sebelumnya Batam International Culture Carnival berlangsung di sekitar Nagoya, di tahun 2019 karnaval berskala internasional ini diselenggarakan di Nongsa. Tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, BICC 2019 menghadirkan keragamana budaya Indonesia dan negara lain lewat pagelaran musik, pameran seni, kuliner, kesenian tradisional, parade busana, dsb.

Tahun ini merupakan tahun ketiga Batam International Culture Carnival digelar. Yang membedakan BICC 2019 dengan tahun-tahun sebelumnya adalah tema yang diusung. Untuk 2019, BICC  mengangkat tema Landmark of Kepri, keragaman budaya, flora and fauna, serta ocean.

Diikuti oleh 1000 Peserta dari 6 Negara

Image source: @dikeprimaukemana

Nongsa sendiri sebenarnya cukup jauh dari pusat bisnis Kota Batam, namun lokasinya yang berdekatan dengan terminal feri internasional memudahkan partisipan dari luar Indonesia untuk terlibat dalam Batam International Culture Carnival 2019. Karena lokasi yang strategis inilah banyak partisipan dari luar Indonesia yang terlibat dalam event internasional ini. Menurut Ketua Asosiasi Karnaval Indonesia (Akari) DPD Kepulauan Riau, Silvia Hilda Kusumaningtyas, BICC 2019 kali ini diikuti oleh sekitar 1000 peserta dari enam negara yang ingin menampilkan keragaman budaya mereka. Belum lagi antusiasme pengunjung lokal dan luar Kepulauan Riau semakin menambah kemeriahan acara ini.

Image source: @edkn_

Event yang termasuk dalam 100 Calendar of Events Wonderful Indonesia ini melibatkan sejumlah pihak, salah satunya Kementerian Pariwisata. Sementara itu, enam negara yang berpartisipasi dalam BICC 2019 ialah Malaysia, Filipina, Tiongkok, India, Singapura, serta Indonesia (disebutkan karena banyak peserta asal daerah lain di luar Kepri). Enam negara tersebut dengan bangga memamerkan keragaman budaya yang mereka miliki melalui berbagai acara yang diikuti. Tidak ketinggalan pengunjung dan wisatawan, baik lokal maupun internasional, sangat antusias mengikuti tiap-tiap kegiatan yang disajikan dalam event ini.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.