Internasional

Kota Pompeii: Menelusuri Jejak Kota Dibalik Abu Vesuvius

Pinterest LinkedIn Tumblr

Pompeii adalah sebuah kota kuno yang terletak di dekat Naples , tepatnya di wilayah Campania, Italia. Bersama dengan Herculaneum dan pemukiman lainnya, kota Pompeii ini terkubur oleh abu vulkanik dari Gunung Vesuvius pada 79 Masehi. Ketebalan abu yang menenggelamkan kota ini mencapai empat hingga enam meter.

Namun berkat abu yang menutup seluruh kota Pompeii ini, kehidupan yang ada di kota ini seolah membeku sesaat sebelum Gunung Vesuvius menenggelamkannya dalam hujan abu. Peninggalan kota ini sebagian besar masih meninggalkan detail yang luar biasa.

Sayangnya banyak bukti sejarah yang hilang sejak kota Pompeii ini pertama kali digali. Padahal kota ini dikenal sebagai wilayah yang makmur yang dihiasi dengan berbagai bentuk bangunan dan juga dekorasi menarik.

Kini kota Pompeii menjadi salah satu tempat yang masuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Bahkan banyak wisatawan yang datang berkunjung kesini. Tiap tahunnya, ada sekitar 2.5 juta pengunjung yang datang ke Pompeii.

Daya tarik utama kota Pompeii

Saat berkunjung ke tempat ini, kamu mungkin membutuhkan waktu seharian untuk bisa menjelajahi seluruh penjuru kota. Agar kamu bisa memanfaatkan waktu kunjungan kamu seefisien mungkin, jangan lupa untuk berkunjung beberapa tempat berikut ini:

1. Antiquarium

Meskipun kamu tergoda untuk menjelajahi kota ini, jangan sampai lupa untuk singgah ke museum ini. Disini kamu bukan hanya bisa mendapatkan informasi menarik, tapi kamu juga bisa melihat berbagai artefak yang berhasil ditemukan saat penggalian. Pemindahan artefak ini dilakukan untuk menghindari proses pelapukan yang bisa membuatnya rusak atau hancur.

Di Antiquarium ini, kamu juga bisa melihat replika dari sisa-sisa tubuh yang manusia yang terjebak dalam bencana tersebut. Saat para ekskavator menemukan berada di lokasi penggalian, mereka akan mengisi lubang ekskavasi dengan bahan plester. Jadi gambaran para korban yang mencoba untuk lari dari bencana meletusnya Gunung Vesuvius dapat terabadikan dengan baik.

BACA JUGA:

2. Forum

Wilayah ini merupakan alun-alun kota Roma. Forum dikelilingi oleh pilar-pilar dan dibatasi di sebelah utara oleh Kuil Yupiter. Selain itu, di sekitar alun-alun ini juga terdapat kuil-kuil yang menyembah dewa lainnya, seperti Kuil Lares dan Kuil Vespasian.

Di sudut sebelah kanan adalah Macellum, aula yang diperuntukkan untuk menjual makanan. Ada pula Kuria, tempat yang digunakan para anggota dewan kota bertemu. Di dekatnya, ada bangunan yang disebut basilika. Bangunan ini digunakan sebagai pasar dan pengadilan hukum.

1 2 3
Mario
Author

Makhluk penasaran yang suka belajar tentang content marketing, tapi lebih hobi baca novel, manga, main game, gebukin samsak.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.