Informasi

Kota Utqiagvik: Penduduknya Rasakan Kegelapan Hingga 65 Hari

Pinterest LinkedIn Tumblr

Pada pandangan pertama, kota Utqiagvik mungkin tampak seperti kota Arktik lainnya. Lokasinya yang berada di belahan bumi utara membuat kota ini tidak selalu mendapatkan kehangatan sinar matahari. Tapi kamu tidak akan merasakan keunikannya sebelum menikmati malam di tempat ini.

Meskipun iklimnya tak kenal ampun, kota ini memiliki lebih dari 4000 warga, dengan mayoritas penduduknya adalah penduduk asli Alaska. Sebelumnya dikenal sebagai Barrow, kota Utqiagvik adalah pusat ekonomi Borough Lereng Utara. Beberapa warga lokal disana bekerja dilokasi penambangan minyak bumi, sedangkan warga lainnya menggantungkan pendapatannya dari sektor pariwisata.

Daya tarik kota Utqiagvik

Dengan lokasi yang jauh dan kondisi iklim yang sangat ekstrim, kenapa ada orang yang datang ke tempat sejauh ini di Utara dengan iklim yang tak kenal ampun? Ada beberapa hal menarik yang bisa dinikmati para wisatawan saat berkunjung ke kota ini.

BACA JUGA:

Matahari tengah malam

suasana kota di malam yang panjang-cnn.com

Seperti daerah lainnya yang berada di lingkaran Arktik, kota Utqiagvik juga ternyata mengalami fenomena alam yang di kenal dengan sebutan matahari tengah malam. Jadi saat berada di sana, para wisatawan bisa mengalami rasanya tidur saat matahari masih bersinar terang.

Pada musim panas di kota Utqiagvik, matahari terbit selama 24 jam. Selama masa ini, banyak kota Arktik menyelenggarakan berbagai acara dan festival untuk menarik wisatawan yang ingin mengalami momen ajaib melihat matahari di malam hari.

Malam yang panjang

Matahari yang bersinar terang di malam hari bukan hanya fenomena yang membuat kota ini menonjol. Pada saat musim dingin, kota Utqiagvik akan mengalami malam yang sangat panjang. Tidak tanggung-tanggung, warga kota ini harus melalui malam selama 65 hari.

Peristiwa alam ini biasanya mulai terjadi pada bulan November hingga Januari. Selama itu warga sekitar hanya bisa memanfaatkan cahaya lampu yang mereka pasang. Pada titik balik matahari musim dingin yang berlangsung sekitar Natal, mereka bisa menikmati sedikit cahaya matahari. Namun mereka hanya bisa menikmatinya sekitar 3 jam saja.

Fenomena alam di kota Utqiagvik ini memang menarik untuk kamu rasakan langsung. Namun kamu juga harus bersiap untuk menghadapi iklimnya yang super dingin. Jika kamu berencana untuk berlibur kesini, cobalah untuk berkunjung saat iklimnya mencapai suhu 0 derajat Celsius, suhu terhangat yang bisa kamu rasakan di kota ini.

Mario
Author

Makhluk penasaran yang suka belajar tentang content marketing, tapi lebih hobi baca novel, manga, main game, gebukin samsak.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.