Asal-usul Kuliner

Kue Klepon, Jajanan Tradisional yang Menghebohkan dengan Beragam Kreasinya

Pinterest LinkedIn Tumblr

Klepon, jajanan tradisional Indonesia ini kini sedang banyak diperbincangkan oleh warga sosial media karena unggahan seseorang yang menghebohkan. Holamigo akan membahas sejarah juga beberapa kreasi kue dari kue ini. Simak, ya.

Sejarah Kue Klepon

Sumber: instagram.com/nasi.garuda

Ngomong-ngomong tentang kue umumnya berwarna hijau ini ternyata memiliki sejarah yang cukup lama. Kue asal Jawa ini sudah ada semenjak Zaman Belanda, kira-kira di tahun 1950-an. Mengutip dari Tirto.id, kue klepon yang merupakan jajanan tradisional ini sudah diperkenalkan oleh Imigran asal Indonesia kepada masyarakat Belanda. Maka tak heran jika kue imut ini bisa dijumpai di restoran Cina, Belanda, dan Indonesia seperti yang disebutkan dalam buku Indisch leven in Nederland (2206) yang ditulis oleh  ini ternyata merupakan J. M. Meulenhoff.

Kue yang berbentuk bulat dan berisi gula merah yang akan lumer di mulut saat digigit ini ternyata memiliki nama yang berbeda di daerah Sulawesi, Sumatera dan negara Malaysia. Klepon di daerah ini disebut dengan onde-onde. Kamu pasti akan terkejut saat menyebutkan onde-onde di ketiga tempat tersebut karena kamu akan diberikan kue onde-onde yang meskipun sama berbentuk bulat tapi diproses dengan cara digoreng dan diberi taburan wijen.

Kreasi Klepon

Ternyata kue klepon tak hanya dibuat dari bahan tepung ketan. Jajanan tradisional Indonesia ini juga dibuat dalam berbagai kreasi dengan menggunakan bermacam bahan alami yang menyehatkan. Ada yang dibuat dari ubi, singkong, labu kuning bahkan ada juga yang dibuat dari buah naga. Inilah beberapa kreasi kue manis dari daerah Jawa yang bisa kamu coba untuk buat.

1. Klepon Ubi Ungu

Klepon, jajanan tradisional
Sumber: instagram.com/ayudiahrespatih

Kreasi pertama dari kue klepon ini adalah klepon ubi ungu. Jajanan tradisional ini dibuat dari bahan berupa ubi ungu yang dicampurkan dengan tepung ketan. Bahan lainnya sama seperti yang berbahan tepung ketan, yaitu gula merah, kelapa parut, dan garam.

2. Klepon Singkong

Klepon, jajanan tradisional
Sumber: instagram.com/colourscoloursmakeup

Klepon singkong adalah jajanan tradisional yang tentu saja berbahan singkong. Untuk kreasi ini tidak digunakan campuran tepung ketan.  Kue yang dihasilkan memiliki tekstur yang lebih lembut. Bahan lain yang digunakan adalah kelapa muda parut, gula merah, dan garam.

Baca juga:

3. Klepon Labu Kuning

Sumber: instagram.com/sukmawati_rs

Kreasi kue klepon yang ketiga merupakan resep yang berbahan labu kuning. Walaupun mungkin masih terdengar asing di telinga, jajanan tradisional Indonesia ini memiliki tekstur yang sangat lembut dengan rasa yang sangat lezat. Karena berbahan dasar labu kuning, maka kue ini lebih  sehat. Campuran lain yang digunakan adalah tepung ketan, gula merah, parutan kelapa, dan tak lupa garam.

4. Klepon Buah Naga

klepon, jajanan tradisional
Sumber: instagram.com/niketutariadi

Dari semua kreasi kue klepon yang ada, ini mungkin yang paling unik. Bahannya adalah buah naga. Seperti yang sudah diketahui bahwa buah naga memiliki banyak manfaat kesehatan. Jadi jajanan tradisional Indonesia ini pun akan jadi kue yang enak. Rasanya sangat manis dan menggugah selera. Penampilan kue ini juga akan lebih menarik dengan warna pink yang dihasilkan. Bahan lain yang digunakan adalah tepung ketan, tepung beras, garam, kelapa muda parut, gula merah, daun pandan.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk membuat kreasi baru dari kue yang heboh di sosmed ini?

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.