Inspirasi Kesehatan

Kuku Panjang Meningkatkan Resiko Terkena Covid-19, Ini Alasannya

Pinterest LinkedIn Tumblr

Menjaga kebersihan mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki menjadi perhatian lebih. Termasuk kebersihan tangan yang sejak awal sudah diperingatkan agar selalu dijaga kebersihannya. Hanya saja, kamu perlu melakukan hal tersebut dengan benar, sehingga tidak ada resiko terkena wabah virus corona atau covid-19. Sayangnya tidak semua orang mencuci tangan benar-benar bersih, entah dari cara mencuci tangan yang kurang tepat atau tidak menjaga kebersihan kuku. Apalagi yang memiliki kuku panjang.

Pasalnya, tidak semua orang memerhatikan kuku dengan baik. Kuku yang panjang dan tidak terbasuh air sabun dapat menjadi sarang penyakit. Terlebih, bisa juga menjadi pemicu seseorang terkena covid-19. Untuk itu, perlu diketahui jika panjang kuku tangan sebenarnya dapat memengaruhi tingkat kebersihan tangan.

Dengan Rajin Memotong Kukur, Dapat Mencegah Virus Corona Masuk ke Tubuh

Traveling Aman Saat ada Wabah Virus Corona
pixabay.com

Mengutip Halodoc, saat seseorang mencuci tangan, kuku seringkali menjadi bagian yang dilupakan. Padahal jika tidak dibersihkan dengan benar, bisa menjadi sarang bakteri atau virus. Kuku bisa menjadi tempat mengendapnya virus dan dengan mudah masuk ke dalam tubuh ketika memegang mulut atau sedang makan. Untuk itu, dianjurkan untuk rajin memotong kuku agar dapat mencegah penyebaran virus corona.

Jika kamu memiliki kuku panjang, tentu akan kesulitan untuk membersihkan bagian tersebut terlebih jika kamu hendak menggunakan hand sanitizer. Walau hand sanitizer bisa menjadi pilihan efektif dalam membersihkan tangan, tapi hal tersebut tidak efektif bagi yang memiliki kuku panjang. Pilihan terbaiknya adalah jika kamu segera potong kuku, atau cuci tangan menggunakan sabun dan memerhatikan area tersebut. Sehingga kuku tangan kamu tidak menjadi tempat mengendapnya bakteri maupun virus.

Hindari Kebiasaan Menggigit Kuku

kuku pendek mencegah mencuci tangan tidak bersih dan virus corona
joya.life

Selain dari menjaga agar kuku tetap pendek dan bersih, menghindari kebiasaan mengigit kuku pun dapat mencegah diri terserang covid-19. Pasalnya selain meningkatnya resiko tertular virus corona, semua sumber penyakit yang mengendap pada kuku dapat masuk ke mulut saat menggigit kuku. Hal itu akan terjadi jika tidak mencuci tangan dengan benar, atau memiliki kuku panjang dan kotor.

Untuk itu, penting bagi kamu tahu bagaimana mencuci tangan dengan benar agar terhindar dari bakteri atau virus yang mengendap di tangan dan kuku. Lakukan langkah-langkah berikut untuk membersihkan tangan dengan benar.

  • Basuh tangan dengan air.
  • Oleskan sabun yang cukup untuk menutupi area yang basah.
  • Gosokkan seluruh permukaan tangan, mulai dari punggung tangan, di sela-sela jari, hingga di bawah kuku. Lakukan kurang lebih selama 20 detik.
  • Bilas hingga bersih dengan air.
  • Keringkan tangan dengan kain bersih, handuk, atau tisu.

Cuci Tangan Pula di Waktu-Waktu Penting Lainnya, Setidaknya Satu Jam Sekali

kuku pendek mencegah mencuci tangan tidak bersih dan virus corona
wcifly.com

Penting pula bagi kamu untuk cuci tangan di beberapa momen seperti sebelum makan, kembali dari luar rumah, setelah batuk atau bersin. Kemudian kamu pun perlu cuci tangan setelah menyentuh benda-benda yang banyak dipegang orang. Setidaknya lakukan cuci tangan satu jam sekali untuk menjaga tangan tetap bersih. Untuk mencuci sela-sela kuku, kamu bisa melakukan gerakan tangan menguncup dan diusapkan di telapak tangan. Agar tangan benar-benar bersih hingga ke kuku.

Gunakan Hand Sanitizer Bila Tidak Menemukan Air Untuk Cuci Tangan Menggunakan Sabun

kuku pendek mencegah mencuci tangan tidak bersih dan virus corona
needpix.com

Jika kamu tidak menemukan air dan tidak tersedia sabun, gunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol paling kurang 60 persen. Dengan begitu, virus corona atau bakteri yang menempel di tangan mati. Namun jika tangan sudah terlihat benar-benar kotor, sebaiknya mulai cari sabun dan air mengalir. Karena hand sanitizer tidak akan bisa membunuh kuman dan virus yang menempel pada tangan yang benar-benar kotor. Perhatikan juga sela-sela kuku saat mencuci tangan, agar dapat dipastikan tangan benar-benar bersih.

Mulai sekarang, rajin potong kuku ya. Agar kebersihan tangan kamu terjaga dan terhindar dari covid-19.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.