Destinasi Indonesia Sulawesi

Kunjungi Bunaken, Keindahan Bali Baru di Sulawesi Utara

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bunaken merupakan destinasi di Sulawesi Utara yang menjadi salah satu objek wisata yang paling populer dan terkenal di Indonesia hingga mancanegara. Pulau ini memiliki luas sampai 8,08 km2 dan letaknya ada di Teluk Manado. Destinasi wisata ini kini masuk dalam 10 Bali baru yang dirancang oleh pemerintah pusat.

Destinasi wisata Bunaken tak susah untuk dikunjungi. Tinggal naik pesawat ke Menado lalu disambung dengan naik perahu selama kira-kira 50 menit. Tak hanya menikmati keindahan alam pemandangan bawah laut saja, pengunjung juga bisa melakukan beberapa aktivitas menarik. Aktivitas apa sajakah itu? Baca terus ulasannya berikut ini.

Menyaksikan Keindahan Dunia Bawah Laut

bunaken
Image Source @michelledrevlow

Kekayaan alam Pulau Bunaken sangat besar. Di sini pengunjung dapat menyaksikan beragam spesies ikan dan tentu saja terumbu karangnya. Itulah salah satu daya tarik utama pulau ini. Tak mengherankan jika banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang mengagumi keindahan alam bawah lautnya.

Diving

sulawesi utara
Image Source @michelledrevlow/

Penggemar olahraga menyelam akan sangat dimanjakan di destinasi wisata ini. Salah satu olahraga air yang banyak dilakukan di Bunaken adalah diving. Di sini terdapat sekitar 20 spot diving terbaik yang bisa dipilih oleh para pengunjung. Spot diving ini merupakan titik terpopuler dan favorit bagi para penyelam baik lokal maupun mancanegara. Semua spot ini memperlihatkan keindahan dunia bawah laut Bunaken, di antaranya ron’t point, Tanjung Parigi, Sachiko point, Mandolin, Fukui, Muka Kampung, Pangalisang juga Bunaken Timur.

Berinteraksi dengan Ikan

bunaken
Image Source @akira_takahiro

Kegiatan lain yang asyik dilakukan di bawah laut adalah berinteraksi dengan ikan. Pengunjung dapat memberi makan ikan-ikan yang hidup di terumbu karang saat snorkeling. Di tempat ini banyak area yang dangkal sehingga memungkinkan pengunjung untuk ber-snorkeling. Supaya bisa mengabadikan momen berinteraksi dengan ikan-ikan, pastikan untuk membawa kamera underwater.

Singgah di Pulau-Pulau Cantik

sulawesi utara
Image Source @_lily_s_j_

Di dekat Pulau Bunaken terdapat pulau-pulau lain yang sama cantiknya. Salah satu pulau itu adalah Siladen. Luas areanya sekitar 31,25 hektar dan dikelilingi pantai dengan pasir berwarna putih serta pepohonan palem. Di sini juga tumbuh pohon kelapa, sagu, silar dan woka. Siladen berada di bagian timur Pulau Bunaken dan jaraknya sekitar 3 km. Dari Manado jarak Siladen berkisar 8 km.

Menyaksikan Sunset

Image Source @_sayorpaku

Selain melihat taman bawah laut, destinasi wisata di Sulawesi Utara ini merupakan tempat yang cocok untuk menyaksikan matahari terbenam. Setelah seharian beraktivitas di air, pengunjung dapat bersantai sambil melihat sunset.

Melihat Lumba-Lumba

Image source Flickr.com/stevemonty

Hewan yang bisa disaksikan pengunjung saat berkunjung ke Bunaken adalah hewan lucu bernama lumba-lumba. Pasti asyik bisa menyaksikan hewan-hewan ini di habitat aslinya. Cukup sewa perahu dan pengunjung akan dibawa ke tengah laut untuk melihat mereka muncul ke permukaan.

Menjelajahi Lautan Bunaken dengan Kataraman

Image Source @romelmasykuri

Untuk melihat keindahan laut Bunaken yang menghampar luas ini, pengunjung dapat menggunakan Kataraman. Alat transportasi berupa kapal berkaca ini dapat disewa untuk menikmati pemandangan alam bawah laut Bunaken.

Sulawesi Selatan memiliki banyak destinasi wisata bahari yang memukau yang sayang untuk dilewatkan. Pastikan untuk memasukan destinasi wisata di provinsi ini ke dalam rencana liburanmu.

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.