Informasi

Kursi Pesawat Bagian Tengah Punya Sandaran Tangan, Untuk Siapa?

Pinterest LinkedIn Tumblr

Sudah bukan rahasia kalau saat pelesir menggunakan pesawat, kursi lorong dan kursi dekat jendela menjadi kursi paling favorit penumpang. Biasanya orang memilih kursi dekat lorong karena mempermudah akses ke toilet. Sementara kursi dekat jendela bisa bersender jika lelah duduk. Tapi, apa jadinya kalau kamu ternyata malah dapat kursi di tengah, bukan dekat lorong ataupun dekat jendela? Biasanya kursi ini membikin kamu lebih canggung saat naik pesawat. Tapi, sadarkah kamu jika kursi tengah memiliki sandaran tangan di setiap sisi?

Sandaran Tangan Pada Kursi Tengah Adalah Hak Milik Penumpang yang Duduk di Kursi Tengah

Kursi Pesawat Tengah Punya Sandaran Tangan, Sebenarnya Untuk Siapa?
wikimedia.org

Jika kamu tidak begitu paham masalah fungsi sandaran tangan pada kursi tengah, kini kamu perlu tahu. Pasalnya, sandaran tangan pada kursi tengah biasanya diakuisisi oleh penumpang kiri dan kanan. Padahal sandaran tangan pada kursi tengah adalah hak penumpang yang duduk di kursi tengah, lho!

Walaupun sebenarnya tidak ada aturan tertulis tentang sandaran tengah adalah hak bagi penumpang kursi tengah. Namun bukan berarti kamu bisa sesuka hati menguasai sandaran tangan kursi tengah. Pasalnya, kursi tengah di pesawat memiliki ruang gerak paling sedikit. Sementara penumpang dengan posisi kursi paling dekat jendela memiliki kuasa penuh akan jendela. Sementara penimpang yang duduk di bagian lorong memiliki akses jalan paling leluasa. Maka, senderan tangan pada kursi tengah adalah fasilitas kenyamanan yang berhak didapatkan penumpang paling tengah.

Aturan Senderan Tangan Pada Kursi Tengah Menurut Angkasa Pura

Kursi Pesawat Tengah Punya Sandaran Tangan, Sebenarnya Untuk Siapa?
Airplane interior

Aturan ini pun sudah pernah dijelaskan oleh Angkasa Pura melalui akun instagramnya, ap_airports. Pihak Angkasa Pura mengatakan bahwa sandaran tangan yang ada di kursi tengan pesawat adalah hak penumpang yang duduk di kursi tengah. Karena penumpang yang duduk di kursi dekat jendela dapat ruang gerak paling nyaman dan dapat menyenderkan kepalanya pada jendela. Sementara penumpang yang duduk di kursi lorong dapat ruang leluasa, terlebih untuk akses jalan pada lorong kabin, toilet, bahkan lebih utama untuk keluar dari pesawat. Walaupun aturan ini tidak tertulis, namun diharapkan penumpang pesawat dapat memahami dan menerapkan aturan ini. Karena urusan sandaran tangan ini termasuk etika di dalam pesawat.

Mengenai Senderan Tangan Pada Kursi Tengah Menurut Pakar Etika

Kursi Pesawat Tengah Punya Sandaran Tangan, Sebenarnya Untuk Siapa?
williamhanson.co.uk

Aturan ini memang tidak tertulis, namun sudah dianggap sebagai etika di dalam pesawat. William Hanson, sebagai pakar etika pun menjawab permasalahan ini. Sebenarnya, tidak ada salahnya berbagi sandaran tangan untuk kursi tengah pesawat, bahkan sudah seharusnya untuk berbagi sandaran tangan dengan penumpang lainnya. Karena menurutnya jika sandaran tangan pada kursi pesawat selain memberi kenyamanan pada penumpang, sandaran tersebut berfungsi sebagai pembatas antar kursi.

Selain masalah aturan atau etika tidak tertulis, menurut William, berusaha berkompromi dengan orang lain dan menekan ego dapat menghindari kamu dari perselisihan sepele. Untuk itu, daripada mempermasalahkan aturan tidak tertulis mengenai sandaran tangan, ingat saja jika mengakuisisi seluruh sandaran tangan adalah sikap yang buruk. Selain masalah sandaran tangan, masalah kompromi pun berlaku bagi yang duduk dekat jendela. Bagi kamu yang sering duduk di dekat jendela pesawat, sebelum kamu membuka atau menutup jendela, pastikan kamu sudah menanyakan penumpang di sebelah kamu.

Walau Senderan Tangan di Kursi Tengah Ada yang Punya, Kamu Bisa Kompromi Dengan Penumpang Lain Agar Berbagi Senderan Tangan

smartertravel.com

Sandaran tangan pun bisa dibagi-bagi, jadi satu sandaran tidak selalu untuk satu penumpang. Cara membaginya, jika kamu duduk di tengah, kamu bisa meletakkan siku kamu pada sandaran bagian pojok dalam saja. Sehingga penumpang sebelah kamu bisa menggunakan sandaran tangan dengan meletakkan sikunya pada bagian pojok luar.

Jadi jika kamu tidak mendapat kursi impian kamu, baik kursi lorong atau kursi dekat jendela. Jangan risau, karena sandaran tangan pada kursi tengah adalah hak kamu. Untuk kamu yang beruntung mendapat kursi strategis, kamu juga bisa menyenderkan siku kamu. Selama kamu bisa memposisikan siku dengan benar tanpa merugikan penumpang di tengah. Kamu juga bisa minta permisi terlebih dahulu pada penumpang yang duduk di tengah. Sehingga setiap penumpang bisa saling kompromi dan dapat terbang dengan nyaman.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.