Seni dan Budaya Teknologi

Lagi Di Rumah Aja? Yuk Intip Virtual Tour 6 Museum di Indonesia!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bosan di rumah aja? Ingin jalan-jalan tapi masih self-quarantine demi menghindari virus corona? Jangan dulu stres, karena dari rumah kita bisa menjelajahi beberapa museum yang ada di Indonesia. Kok bisa? Dengan teknologi virtual tour, kita bisa melihat isi museum tanpa harus pergi ke lokasi. Berikut ini ada 6 museum di Indonesia yang memiliki platform untuk virtual tour yang bisa kamu coba.

Museum Nasional

Museum Nasional
Image credit: Gunawan Kartapranata (wikipedia.org)

Sebagai museum pertama di Asia Tenggara yang menyimpan berbagai koleksi dari bidang arkeologi, sejarah, etnografi, dan geografi, Museum Nasional turut menyajikan virtual tour agar tetap terhubung dengan publik.

Museum Nasional, atau dikenal juga dengan Museum Gajah, berlokasi di Jalan Medan Merdeka Barat 12, Jakarta Pusat. Untuk menjelajahi virtual tour di museum ini, kita dapat mengaksesnya melalui situs Museum Nasional.

Museum Maritim

Museum Maritim Indonesia
Image source: instagram.com/museummaritim

Indonesia dikenal sebagai negara maritim dengan luas kawasan perairannya. Sejarah panjang dunia perlayaran di Indonesia tersaji dalam Museum Maritim. Museum yang berlokasi di Jalan Pasoso No. 1, Tanjung Priok, Jakarta Utara, ini menghadirkan informasi mengenai awal mula pelabuhan-pelabuhan yang ada di Indonesia. Kita dapat menjelajahi virtual tour Museum Maritim dalam situs museum tersebut.

Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti

Virtual Tour Museum Kepresidenan 2
Image credit: kebudayaan.kemdikbud.go.id

Di dalam Kebun Raya Bogor, terdapat sebuah museum yang memberikan informasi mengenai sejarah para presiden Indonesia. Museum kepresidenan ini dikenal juga dengan nama Museum Balai Kirti.

Jika kamu ingin mengenal lebih jauh mengenai para presiden Indonesia, di sinilah tempatnya. Museum ini menawarkan pengalaman virtual tour yang dapat diakses pada situs Museum Kepresidenan.

Museum Sri Baduga

Museum Sri Baduga
Image credit: Ian Adrian Kartawijaya (flickr.com)

Bergeser ke Bandung, ada sebuah museum yang menyimpan beragam artefak mengenai kebudayaan Sunda, yakni Museum Sri Baduga. Museum ini menyajikan sejarah Tatar Pasundan mulai dari masa pra-sejarah, hingga berbagai kesenian yang dimilikinya. Jika kamu ingin melihat isinya, virtual tour dapat diakses melalui situs Museum Sri Baduga.

Museum Konferensi Asia Afrika

Museum Konferensi Asia Afrika
Image credit: Henry Sudarman (flickr.com)

Masih di Bandung, Museum Konferensi Asia Afrika hadir untuk memberikan informasi mengenai sejarah Konferensi Asia Afrika yang diselenggarakan pada tahun 1955. Konferensi ini merupakan bentuk persatuan negara-negara di Asia dan Afrika untuk memperjuangkan kemerdekaan dan perdamaian dunia.

Museum ini berlokasi di Gedung Merdeka, bangunan yang dahulu digunakan untuk konferensi. Untuk mengintip isi museum ini dengan virtual tour, kita bisa mengaksesnya pada situs Museum Konferensi Asia Afrika.

Keraton Kasepuhan Cirebon

Virtual Tour Keraton Kasepuhan
Image credit: Midori (wikipedia.org)

Kebudayaan Islam di kawasan Cirebon sangat dipengaruhi oleh Keraton Kasepuhan Cirebon. Bangunannya berada di Jalan Keraton Kasepuhan No. 43, Lemahwungkuk, Cirebon. Keraton ini merupakan perluasan dari bangunan pesanggrahan Keraton Pakungwati.

Tak perlu jauh ke Cirebon untuk melihat isi Keraton Kasepuhan Cirebon. Di masa lockdown ini, kita dapat melihatnya dalam virtual tour melalui situs Keraton Kasepuhan Cirebon.

Baca juga 5 Museum Unik Yang Ada di Indonesia

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.