Asal-usul

Laika, Anjing Pertama yang Terbang ke Luar Angkasa

Pinterest LinkedIn Tumblr

Dunia mengenal Yuri Gagarin, kosmonot asal Uni Soviet, sebagai manusia yang pertama kali mengorbit di luar angkasa dan kembali ke bumi dengan selamat. Ternyata beberapa tahun sebelum peristiwa tersebut, Uni Soviet lebih dulu menerbangkan seekor anjing bernama Laika ke luar angkasa.

Pada 3 November 1957, dunia antariksa Uni Soviet melakukan percobaan untuk menerbangkan makhluk hidup bukan manusia untuk diterbangkan ke luar angkasa. Setelah mengikuti pelatihan dengan anjing lain, Laika terpilih sebagai penumpang pesawat Sputnik II.

Berasal dari Jalanan Moskow

Anjing dengan nama asli Kudryvka (dalam Bahasa Rusia artinya ‘si ikal kecil’) ini merupakan anjing liar di jalanan Moskow. Ia bisa bertahan hidup dengan kondisi ekstrim Soviet dan berburu makanan sendiri.

Usianya ketika ditemukan saat itu sekitar 3 tahun. Ia merupakan anjing ras campuran. Tidak diketahui pasti rasnya, ada yang menduga ia keturunan anjing eskimo, ada juga yang berpendapat ia keturunan ras terrier.

Penerbangan Laika ke Luar Angkasa

Laika
Image source: cdni.rt.com

Kabin pesawat memiliki ukuran yang sempit. Maka selama 20 hari sebelum penerbangan, anjing-anjing yang dilatih ditempatkan pada kandang yang sempit juga agar bisa menyesuaikan diri. Mereka pun ditempatkan pada alat simulator roket untuk mendeteksi kondisi anjing jika ditempatkan pada pesawat ruang angkasa.

Sebelum proses penerbangan, tubuh Laika dipasangi berbagai sensor untuk memantau kondisi tubuhnya. Sensor tesebut dapat mendeteksi pernapasan, detak jantung, dan denyut nadinya. Pada masa itu, teknologi antariksa masih sangat terbatas. Pesawat yang membawa Laika ke luar angkasa hanya dirancang untuk peluncurkan dan kondisi di luar angkasa. Pesawat tersebut belum mampu dirancang untuk kembali ke bumi dengan utuh.

Beragam Kontroversi

Laika
Image source: Neozoon (wikipedia,org)

Para ilmuwan pun merencanakan proses eutanasia (pencabutan kehidupan tanpa rasa sakit) kepada Laika. Ia pun kembali ke bumi dengan kondisi meninggal. Namun selama bertahun-tahun pihak Uni Soviet menutup-nutupi alasan kematian Laika.

Banyak rumor yang beredar saat itu. Beberapa pihak mengatakan bahwa Laika meninggal karena kabin pesawat terlalu panas. Ada juga yang mengatakan bahwa ia mati akibat kehabisan oksigen.

Meski usianya tidak panjang, tetapi Laika dikenang dalam dunia antariksa sebagai anjing yang pertama mengorbit di luar angkasa.

Baca juga Mengenang Yuri Gagarin, Penjelajah Luar Angkasa Pertama dari Uni Soviet

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.