Kesehatan Kuliner

Lakukan 5 Tips Ini untuk Membuat Infused Water Peningkat Imun Tubuh

Pinterest LinkedIn Tumblr

Kalau kamu bosan dengan hanya mengonsumsi air putih saja, membuat infused water menjadi salah satu solusi sehat yang kamu bisa praktekan. Selain itu, jenis minuman ini dianggap berkhasiat karena dapat meningkatkan imun tubuh. Tetapi ingat lho, membuat minuman ini tidak bisa sembarangan. Ada kiat-kiat khusus agar kamu bisa merasakan khasiatnya secara maksimal sekaligus membuatnya menjadi lebih nikmat dan bernutrisi. Apa saja kiatnya? Simak ulasan selengkapnya yuk!

Baca juga:

Potong Tipis Buah Bertekstur Keras

infused water menggunakan apel
Souce: thefeedfeed.com

Salah satu bahan yang digunakan untuk membuat infused water adalah buah-buahan. Kalau kamu menggunakan buah yang bertekstur keras seperti pir atau apel, pastikan kamu memotong buah tersebut tipis-tipis. Berbeda bila kamu menggunakan buah atau sayuran yang bertekstur lebih lembut atau empuk. Kamu bisa memotongnya sesuai selera.

Rendam Lebih Lama untuk Cita Rasa yang Semakin Kuat

infused water tingkatkan imun tubuh
Source: foodal.com

Sebenarnya dengan merendam buah semala 20 menit saja sudah bisa  memberikan rasa pada air tersebut. Tetapi, bila kamu lebih suka cita rasa yang lebih kuat dari bahan yang digunakan, kamu bisa merendamnya lebih lama, setidaknya 1-2 jam. Bahan seperti kayu manis, pir, atau apel bisa kamu rendam semalaman agar rasa infused water lebih kuat lagi.

Jangan Gunakan Air Panas

Meskipun air hangat dapat membuat perut terasa nyaman, hindari penggunaan air bertemperatur tinggi untuk membuat infused water ya! Air panas malah akan membuat sayuran atau buah yang kamu gunakan menjadi cepat lembek. Hal ini akan membuat rasanya jadi tidak segar lagi. Jadi, agar cita rasanya tetap segar, nikmat, dan bernutrisi untuk imun tubuh kamu, selalu gunakan air dingin atau air dengan suhu ruang.

Jangan Rendam Lemon Terlalu Lama

Source: alodokter.com

Lemon menjadi salah satu buah yang sering digunakan dalam infused water. Buah dipotong tipis dan biasanya direndam bersama kulitnya. Oleh karena itu, jangan terlalu lama merendam buah lemon karena akan membuat cita rasa pahit pada minuman. Cukup rendam selama dua jam saja lalu angkat potongan buah lemon dari rendaman air.

Gunakan Tanaman Herbal

Penggunaan tanaman herbal seperti thyme, rosemary, jahe, dan kunyit dalam infused water dapat memberikan cita rasa yang kuat. Ulek saja tanaman herbal pilihan kamu menggunakan sendok lalu masukkan ke dalam gelas berisi air. Daun mint juga bisa kamu tambahkan agar minuman ini terasa lebih segar.

Baca juga:

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.