Destinasi Indonesia Jawa

Liburan Kamu Singkat? Ayo, Kunjungi Tempat Wisata di Cirebon Ini

Pinterest LinkedIn Tumblr

Salah satu tempat wisata di Cirebon yang paling terkenal adalah Keraton Kasepuhan. Keraton ini merupakan keraton yang paling megah dan terawat di wilayah Cirebon. Tapi tempat wisata di kota yang terkenal dengan julukan kota udang ini tak hanya Keraton Kasepuhan. Kalau kamu penggemar batik, tentu kamu hafal dengan batik mega mendung yang merupakan batik khas dari kota ini. Tempat berbelanja batik Cirebon yang terkenal di sini adalah Sentra Batik Trusmi. Kalau kamu ingin liburan ke luar kota yang tak terlalu jauh dari Bandung atau Jakarta, destinasi wisata di kota udang ini bisa menjadi pilihan untuk liburan akhir pekan. Yuk, simak ulasan dari Holamigo tentang destinasi wisata di kota ini.

Keraton Kasepuhan

tempat wisata di Cirebon, tempat wisata, wisata di Cirebon, batik Cirebon
Instagram @muhammad_hisyam_fadhil

Membicarakan tentang tempat wisata di Cirebon, tak akan lengkap tanpa membahas salah satu keraton yang ada di kota ini. Keraton Kasepuhan merupakan ikon dari kota udang ini. Selain ikon kota, keraton ini juga merupakan tonggak sejarah dari kota Cirebon. Keraton ini memiliki halaman depan yang dikelilingi oleh tembok berbata merah. Walaupun keraton ini telah berusia berabad-abad, bangunannya masih kokoh berdiri dan terlihat megah. Pengunjung akan menyaksikan bangunan utama keraton yang berwarna putih begitu masuk ke area keraton. Di dalam bangunan utama pengunjung dapat melihat singgasana sultan juga ruang peristirahatannya. Keraton Kasepuhan beralamat di Jalan Kasepuhan No. 43 di Kampung Mandalangan. Dari Terminal Bus Hajarmukti jarak tempuhnya hanya 30 menit saja.

Sentra Batik Trusmi

tempat wisata di Cirebon, tempat wisata, wisata di Cirebon, batik Cirebon
Instagram @rooelz

Saat kamu berkunjung ke wilayah ini, kamu akan menyaksikan jajaran rumah para pengrajin batik. Sentra batik ini kini telah berubah wujud menjadi tempat wisata budaya yang bernama Sentra Batik Trusmi. Kamu bisa melihat bermacam galeri batik Cirebon di sepanjang Jalan Trusmi. Salah satu motif batik terkenal dari Cirebon adalah mega mendung. Tak hanya berbelanja batik, kamu juga bisa kursus membatik, belajar melukis topeng dan belajar menari topeng juga. Pastinya seru sekali!

Taman Sari Gua Sunyaragi

tempat wisata di Cirebon, tempat wisata, wisata di Cirebon, batik Cirebon
Instagram @nasehgap1

Setelah mengalami pemugaran, tempat wisata di Cirebon ini mendapatkan banyak pengunjung. Minat wisatawan untuk berkunjung ke objek wisata ini menjadi tinggi. Tempat ini merupakan sebuah taman dengan deretan gua. Dahulu, di tempat ini para pemuka kerajaan serta prajurit bermeditasi. Sampai saat ini bangunan-bangunan di Gua Sunyaragi masih asli. Bagi para wisatawan objek wisata ini dijadikan sebagai spot foto favorit. Di sini juga sering digelar pertunjukkan musik, sendratari sampai pembukaan Festival Keraton Nusantara. Yang terbaru adalah wahana balon udara.

Telaga Remis

Flickr.com/yovita adriani

Tempat wisata di Cirebon ini muncul dalam sebuah lagu Sunda berjudul sama dengan objek wisata tersebut, yaitu “Talaga Remis” atau Telaga Remis. Ketika berkunjung ke sini, kamu akan merasakan kesegaran alam serta keindahan pemandangan alam kaki Gunung Ciremai. Dari pusat kota, jarak telaga ini hanya sekitar 20 km, yaitu di wilayah Kaduela, di daerah Kuningan. Konon kabarnya, Raja Siliwangi dulu bertapa di sini. Remis berarti embun dalam Bahasa Sunda. Dikisahkan kalau dulu Parabu Siliwangi memanfaatkan air embun ini sebagai air minum ketika bertapa di daerah ini yang dulunya terkenal sebagai daerah tandus. Di sini, pengunjung bisa berkemah di camping ground. Fasilitas lainnya adalah area parkir, kamar mandi, dan warung gazebo.

Baca juga:

The Great Asia Africa, Tempat Wisata Bandung Baru di Lembang

Istana Maimun, Wisata Sejarah Kesultanan Deli

Mengenali Sejarah Cirebon dengan Berkunjung ke Keraton Kasepuhan Cirebon

Jaraknya yang dekat dari kota Bandung dan Jakarta menjadikan tempat wisata di Cirebon ini pilihan yang pas untuk wisata akhir pekan yang singkat.

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.