Destinasi Indonesia Nusa Tenggara Barat

Liburan ke Lombok, Jangan Lupa Mampir di Desa Sembalun

Pinterest LinkedIn Tumblr

Liburan ke Lombok selalu identik dengan liburan ke pantai. Padahal wisata di pulau yang terkenal dengan wisata halalnya ini tak melulu berisi pantai. Selain pantai, destinasi wisata yang ditawarkan pulau ini adalah desa wisata yang unik dan cantik, salah satunya Desa Sembalun Lombok.

Satu dari beberapa desa wisata yang dimiliki oleh provinsi yang berdekatan dengan Pulau Bali adalah Desa Sembalun Lombok Timur. Desa ini berada dekat dengan Gunung Rinjani maka tak heran jika tempat ini biasanya dijadikan area untuk beristirahat bagi mereka yang mendaki atau berkunjung ke gunung tersebut. Karena letaknya itu, desa ini diberkahi dengan pemandangan alam yang indah juga udara yang segar dan sejuk. Wajar saja jika mereka jadi enggan untuk beranjak dari desa ini saat liburan ke Lombok.

Kamu yang berencana liburan ke Lombok dan ingin mampir di Desa Sembalun, berikut ini destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Desa Beleq

Desa tradisional di Sembalun | Image Source @winreds0701

Tempat ini merupakan desa wisata yang masih terawat dan terjaga. Desa ini adalah penginggalan leluhur-leluhur  yang berasal dari Desa Sembalun. Wilayah ini sempat mengalami kehancuran saat Gunung Rinjani meletus dengan begitu dahsyatnya. Di sini terdapat 7 rumah adat, 1 bale malang atau disebut juga langggar yang merupakan tempat untuk beribadah dan rapat, 2 geleng yang menjadi tempat untuk menyimpan harta benda. Satu lagi, di sini juga terdapat sebuah batu bertuah. Batu ini disebut pasek gumi. Keunikan rumah di desa ini adalah bahan yang digunakannya, yaitu jerami. Bahan lantainya adalah jerami dan kotoran kerbau.

Bukit Selong

Liburan ke Lombok
Bukit dengan pemandangan sawah warna-warni | Image Source @siekorrr

Selong adalah nama bukit yang letaknya berdekatan dengan Desa Beleq. Jadi, kalau kamu berkunjung ke desa adat tersebut, kamu bisa mampir ke bukit ini. Bukit terkenal ini terletak di Pusuk Sembalun yang berada di kaki Gunung Rinjani. Berdiri di atas bukit akan memanjakan matamu karena kamu akan disuguhi pemandangan sawah berwarna-warni yang menghampar luas. Tempat ini juga menjadi spot favorit untuk mendapatkan hasil jepretan yang instagenik.

Bukit Pergasingan

Liburan ke Bukit Pergasingan di Desa Sembalun
Bukit Pergasingan | Image Source @tengakarta

Letak bukit ini tak jauh dari Gunung Rinjani dan berada pada ketinggian 1700 mdpl. Bukit ini dijadikan sebagai tempat pemanasan bagi mereka yang akan naik Gunung Rinjani. Selain itu, Bukit Pergasingan juga bisa dijadikan jalan alternatif untuk pendakian apabila jalur pendakian ke Gunung Rinjadi ditutup. Kamu yang belum mampu naik Gunung Rinjani, bisa mencoba mendaki bukit ini lebih dulu ketika liburan ke Lombok

Kebun Stroberi

liburan ke Kebun Stroberi di Desa Sembalun Lombok
Kebun stroberi | Image Source @nahwanhadi

Liburan ke Lombok juga bisa dijadikan ajang menikmati wisata kebun. Di Desa Sembalun Lombok Timur, kamu bisa mencoba wisata memetik stoberi yang terletak di sepanjang jalan desa wisata ini. Selain stroberi, desa ini juga merupakan penghasil buah dan sayuran terkenal, seperti bawang, papaya, wortel, jeruk, kentang, jambu, tomat, dan lain-lain.

Taman Wisata Pusuk

Pusuk di Desa Sembalun Lombok
Taman Wisata Pusuk | Image Source @purnawil

Destinasi favorit saat berada di Sembalun adalah Taman Wisata Pusuk. Taman ini ada di ketinggian 900 mdpl. Dari taman wisata ini kamu bisa melihat pemandangan Bukit Anak DAra, Bukit Pengasingan, Bukit Selong juga Bukit Naggi.

Gunung Rinjani

liburan ke Gunung Rinjadi di Desa Sembalun Lombok
Gunung Rinjani | Image Source @estpr

Salah satu gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia ini memiliki ketinggian 3.726 mdpl. Rinjani merupakan gunung incaran para pendaki. Yang menjadi pesona gunung ini selain pemandangannya adalah Danau Segara Anak.

Baca juga 5 Spot Wisata di Mandalika

Selain tempat-tempat yang sudah disebutkan tadi, Desa Sembalun Lombok Timur masih memiliki destinasi asyik lainnya yang sayang untuk tak dikunjungi. Bagaimana, liburan ke Lombok sangat menarik, bukan?

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.