Seni dan Budaya

Lukisan-Lukisan Gua di Indonesia, Ada yang Usianya 44.000 Tahun Loh!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Ribuan tahun yang lalu, seni lukis sudah berkembang bersama dengan laju peradaban manusia. Banyak peninggalan dari masa prasejarah berupa penggambaran citra manusia dan hewan pada dinding-dinding gua.

Lukisan gua umumnya digambar menggunakan material arang, kapur, daun, batu mineral berwarna, dan lainnya. Jejak sejarah masa prasejarah tersebut dapat ditemukan di berbagai tempat di dunia.

Di beberapa lokasi di Indonesia pun terdapat jejak lukisan gua. Lukisan-lukisan tersebut ditemukan di dinding gua atau tebing sebagai suatu catatan peristiwa kehidupan manusia dari masa prasejarah.

Lukisan Gua di Kalimantan Timur

Lukisan Gua di Indonesia
Lukisan Gua di Indonesia | Image source: Tempo.co

Di pedalaman Kalimantan Timur ditemukan ribuan gambar pada dinding cadas. Lokasinya berada di kawasan pegunungan karst Sangkulirang-Mangkalihat. Lukisan yang ditemukan di karst ini berupa stensil tangan manusia, bentuk hewan, simbol-simbol dan motif abstrak.

Lukisan di kawasan ini tersebar di beberapa lokasi gua, yakni Liang Jeriji Saleh, Liang Ham, Liang Karim, Liang Tewet, Liang Banteng, dan Liang Sara. Dari berbagai penelitian, lukisan di kawasan ini diperkirakan berasal dari 37.000 – 40.000 tahun yang lalu.

Lukisan Gua di Sulawesi Selatan

Lukisan dinding gua
Lukisan Gua di Indonesia | Image source: hindualukta.blogspot.com

Di kawasan karst Maros-Pangkep, Sulawesi Selatan, terdapat ratusan gua yang sudah ada sejak masa prasejarah. Pada salah satu gua, tepatnya di situs Leang Bulu Sipong, ditemukan lukisan dinding yang usianya diperkirakan sudah 44.000 tahun.

Lukisan yang ditemukan pada gua tersebut berupa gambaran hewan-hewan liar seperti babi dan anoa. Selain itu, ada pula penggambaran mirip manusia yang ukurannya kecil sambil memegang tombak mengelilingi anoa.

Kawasan yang memiliki ratusan gua ini masih menyimpan berbagai kemungkinan lukisan gua yang lokasinya masih terus dicari oleh para peneliti. 

Lukisan Gua di Maluku

Lukisan Gua di Indonesia
Lukisan Gua di Indonesia | Image credit: Australian National University

Keberadaan lukisan gua dari masa prasejarah pun ditemukan di dinding bebatuan di Pulau Kisar, Maluku. Lukisan-lukisan tersebut menggambarkan beragam hewan seperti anjing dan kuda, serta benda-benda lain seperti perahu.

Sebagian besar lukisan yang ditemukan di sini dilukis di atas batu gamping. Pigmen warna merah digunakan untuk lukisan ini. Maka warnanya pun kontras dengan latar belakang batu yang berwarna cerah.

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, lukisan-lukisan tersebut diperkirakan berusia tidak lebih dari 3.500 tahun. Gaya lukisannya memiliki kesamaan dengan lukisan prasejarah yang ditemukan di Timor Leste.

Baca juga Mengenal Desa Eyam Yang Mempraktikan Isolasi 350 Tahun Yang Lalu

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.