Seni dan Budaya

Madiba Shirt, Gaya Nelson Mandela dalam Menggunakan Batik

Pinterest LinkedIn Tumblr

Setiap tanggal 18 Juli, diperingati sebagai Hari Nelson Mandela. Hari ini merupakan hari lahir tokoh pejuang anti-apartheid dari Afrika Selatan, yakni Nelson Mandela. Ia menjabat sebagai presiden Afrika Selatan pada tahun 1994 hingga 1999. Selama bertugas, ia memiliki gaya berpakaian yang khas dengan kemeja sutra batik yang dijuluki “Madiba shirt”.

Ciri khasnya dalam berpakaian ini bermula ketika Nelson Mandela berkunjung ke Indonesia di tahun 1990. Pada saat itu ada aturan khusus yang mengharuskan tamu menggunakan pakaian batik. Presiden Soeharto memberikan Nelson Mandela sebuah kain batik dan ia pun langsung menyukai motik tradisional Nusantara ini.

Diambil dari Nama Marga Madiba

Nelson Mandela
Image source: nssmag.com

Kemudian Presiden Afrika Selatan ini pun memopulerkan batik pada gaya berpakaiannya. Biasanya ia menggunakan kemeja berbahan sutra dengan lengan panjang. Motif pada kemeja tersebut menonjolkan keindahan batik Nusantara dengan warna-warna yang cerah. Kemeja ini pun yang kemudian dikenal dengan nama Madiba Shirt.

“Madiba” adalah nama marga Mandela dari Suku Xhosa yang merupakan gelar kehormatan yang dimiliki oleh anggota marganya tersebut. Dilansir dari DetikNews, nama Madiba merujuk kepada seorang kepala klan Thembu yang memimpin di Transkei pada abad ke-18.

Dipakai Sejak Awal Menjabat Sebagai Presiden

Madiba Shirt
Image source: nssmag.com

Nama Madiba Shirt menjadi populer sebagai fashion item Nelson Mandela. Kemeja batik ini pun menjadi simbol kedekatan antara Indonesia dan Afrika Selatan. Sejak dipilih menjadi Presiden Afrika Selatan di tahun 1994, Mandela meminta desainer Desré Buirski untuk merancang kemeja sutra dengan berbagai motif batik.

Pada acara latihan pembukaan Parlemen Afrika Selatan Pertama di bulan Mei 1994, Nelson Mandela menggunakan Madiba Shirt untuk pertama kalinya di hadapan publik. Sejak saat itu pun, kemeja ini dikenal di berbagai negara, terutama Afrika Selatan. Kemeja tersebut bahkan diproduksi oleh masyarakat Afrika Selatan.

Awalnya masyarakat Afrika Selatan segan untuk menggunakan kemeja serupa. Hal itu dikarenakan sosok Nelson Mandela yang begitu dihormati oleh warganya. Namun setelah Mandela tidak lagi aktif sebagai presiden, Madiba Shirt mulai digemari berbagai kalangan. 

Baca juga Laweyan Dan Kauman, Kampung Batik Di Solo Yang Melegenda

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.