Kuliner

Makanan Korea di Drama Reply 1988 yang Bikin Kamu Ingin Coba

Pinterest LinkedIn Tumblr

Makanan Korea dan drama sepertinya hal yang tak pernah terpisahkan. Selain lokasi syuting, para penggemar drakor selalu memperhatikan jenis makanan yang muncul dalam tiap drama yang mereka tonton. Nah, kali ini kita akan bahas makanan yang muncul dalam drama Reply 1988. Serial Korea yang satu ini seperti tak ada matinya. Para penggemar drakor sepertinya tak pernah bosan untuk menonton ulang akting Hyeri dan kawan-kawannya sampai-sampai tiap hari tertentu hashtag drama itu selalu muncul di jagat Twitter. Yuk, kita kenalan sama kuliner khas drama Reply 1988.

Banana Uyu/Susu Pisang

makanan korea, drama reply 1988
Susu Pisang Binggarae – www.kpopmap.com

Ngomong-ngomong soal makanan Korea, jangan lupakan banana uyu atau bahasa Indonesianya susu pisang. Sebenarnya ini lebih ke minuman. Lee Min Ho dan SNSD sempat menjadi bintang iklan dari Binggrae Banana Milk yang terkenal ini. Saking terkenalnya, orang-orang rela jastip demi merasakan susu pisang yang satu ini. Sekarang kamu bisa membelinya di toko-toko online atau supermarket Korea. Dalam drama Reply 1988 episode 14, Jin Joo adiknya Sun Woo diberikan banana uyu oleh ibunya karena tak bisa memberinya pisang.

Ramen

drama reply 1988, makanan korea
Ramen Korea – Unsplash.com/ Edanur Ağaç

Drama Korea mana yang tidak ada ramen-nya? Ramen Korea berbeda dari kebanyakan Ramen pada umumnya. Mienya lebih kenyal, kaldu lebih beraroma dan lebih pedas, dan rasanya terbaik saat kamu menghirupnya langsung dari tutup panci. Jika kamu ingin menyaksikan keseruan saat makan ramen di drama, tonton saja drama Reply 1988. Geng dari Ssamundong ini hobi banget makan ramen. Mereka suka banget makan mie Korea ini barengan. Seru deh!  

Tteokbokki

makanan korea
Tteokbokki – Flickr.com/Alpha

Makanan Korea yang bisa dibilang street food terbaik di Korea adalah tteokbokki. Kuliner ini adalah makanan yang paling disukai banyak orang. Kue beras pedas ini membuat kenyang, rasanya sedikit manis dan sangat pas dengan pedasnya gochujang dalam saus. Beberapa tempat bahkan akan membiarkan ada yag menyajikan tteokbokki dengan tambahan keju. Dalam drama Reply 1988 di episode 3, Deok sun dan teman-teman satu grupnya, Jang Mi-ok dan Wang Ja-hyun untuk makan di restoran tteokbokki yang bernama Brazil Tteokbokki.  

Bungeoppang

makanan korea
Bungeoppang – Pixabay.com/kanghyeri

Di Jepang makanan Korea ini dikenal dengan nama Taiyaki. Kalau di Korea kue berbentuk ikan ini disebut bungeoppang. Kue ini adalah suguhan manis yang terdiri dari isian pasta kacang merah yang terbungkus dalam adonan kue lembut dengan tekstur yang agak renyah yang menyerupai ikan mas. Mungkin mirip dengan wafel kalau secara tekstur. Di episode 19 drama Reply 1988, Sun Woo membawakan kue itu untuk ibunya karena ibunya sangat suka dengan bungeoppang.

Jjajangmyeon

makanan korea
Jjajangmyeon – Flickr.com/egg (Hong, Yun Seon)

Tak afdol rasanya jika tak ada jjajjangmyeon dalam scene drakor. Makanan Korea yang satu ini sering sekali muncul di judul-judul drama Korea. Jjajangmyeon adalah hidangan mie gaya Korea Cina dengan saus kental yang terbuat dari chunjang, daging babi yang dipotong dadu, dan sayuran. Varian hidangan dari jjajjangmyeon ada yang menggunakan makanan laut, atau daging lainnya. Walaupun nama jajangmyeon serumpun dengan hidangan Cina zhájiàngmiàn), jajangmyeon Korea berbeda dalam banyak hal.

Baca juga:

Bibimbap

Bibimbap – Pixabay.com/fudowakira0

Bibim mengacu pada pencampuran, sementara bap berarti “nasi” di Korea, jadi bibimbap secara harfiah berarti nasi campur. Makanan Korea ini dilengkapi dengan daging (biasanya daging sapi bulgogi) dan berbagai sayuran musiman seperti bayam, wortel, tauge, dan kimchi. Semuanya dikombinasikan dengan minyak wijen dan satu atau dua sendok makan pasta cabai merah pedas yang disebut gochujang. Dalam drama-K, bibimbap biasanya dicampur dan disajikan dalam mangkuk kuningan besar, tetapi secara lokal, bibimbap disajikan dalam mangkuk plastik, keramik, atau batu (dolsot). Di drama Reply 1988, kakak Jung Hwan, Jung Bong sangat suka mencampurnya gochujang dengan mayonaise.

Samgyeopsal

drama reply 1988
Samgyeopsal – Pixabay.com/hannaone

Kalau kamu nonton drama Reply 1988, ada adegan Deok Sun dan Taek yang tinggal oleh rombongan Bo Ra. Sambil menunggu bus untuk pulang, keduanya mencoba snack kkokkalcorn, kopi dan samgyeopsal. Nah, makanan Korea ini merupakan makanan non-halal. Samgyepsal adalah hidangan berupa daging perut babi yang dipanggang. Daging ini biasanya dipanggang di atas kompor khas yang umum ada di restoran tanpa diberi bumbu. Makanan ini disantap dengan saus ditambah irisan bawang putih juga cabe hijau dan dibungkus daun perilla.

Gimana, tertarik untuk mencoba makanan Korea di drama Reply 1988?

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.