Seni dan Budaya

Malam Takbiran: 5 Tradisi Unik Yang Ada Di Indonesia

Pinterest LinkedIn Tumblr

Tanpa terasa bulan Ramadhan segera berakhir. Untuk menyambut kemenangan menjelang Hari Raya Idul Fitri, masyarakat Indonesia biasa merayakan malam takbiran dengan cara yang beragam. Sayangnya beberapa tradisi unik yang ada di Indonesia ini mungkin tidak akan berlangsung tahun ini karena masa karantina.

Meriam Karbit

Di malam takbiran, masyarakat Pontianak biasanya melakukan tradisi menyulut meriam karbit. Ternyata ada makna di balik salah satu tradisi unik di Indonesia ini. Masyarakat Pontianak menyulut meriam karbit ini agar mereka tidak terganggu roh-roh jahat di Hari Raya Idul Fitri.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tradisi Nujuh Likur

Masyarakat Bengkulu juga ternyata memiliki tradisi unik saat malam takbiran. Tradisi yang juga biasa disebut Ronjok Sayak ini biasanya dilakukan sejak 27 Ramadhan. Di siang hari, anak-anak akan berkeliling untuk mencari batok kelapa. Kemudian batok kelapa tersebut ditumpuk hingga setinggi satu meter.

Menjelang waktu berbuka puasa, seluruh anggota keluarga akan keluar rumah dang mengelilingi tumpukan batok kelapa yang disebut lujuk ini. Sambil membakar lujuk, mereka akan berbincang, bincang, bersenda gurau, bahkan makan  bersama, hingga lujuk terbakar habis.

1 2
Mario
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.