Informasi Kesehatan Kuliner

Mau Tetap Makan Sehat Saat Work From Home? Ikuti Saja 5 Tips Ini!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Pola makan sehat sangat dianjurkan di tengah pandemi coronavirus atau COVID-19 di Indonesia. Mengonsumsi makanan dengan nutrisi atau gizi yang sehat tentu akan membantu meningkatkan imunitas kamu sehingga terhindar dari serangan bakteri serta virus berbahaya. Nah, karena semua kegiatan sekarang berpusat di rumah, baik belajar maupun bekerja, seharusnya tidak sulit untuk kamu menerapkan gaya hidup sehat. Masih bingung gimana caranya? Yuk ikuti saja lima tips berikut agar kamu terbiasa mengonsumsi makanan sehat, khususnya buat yang lagi work from home alias kerja di rumah!

Baca Juga:

Jangan Makan di Meja Kerja

cara menerapkan pola makan sehat, jangan makan di meja kerja
Source: sfgate.com

Memang work from home bukan berarti kamu bisa santai, tapi kalau urusan makan gak harus dilakukan di meja kerja kamu apalagi sambil melanjutkan pekerjaan. Hal ini juga berlaku saat kamu kembali lagi ke kantor.Sebaiknya kamu jauhi meja kerja saat waktu istirahat atau makan. Bahkan jangan juga berkutat dengan gawai kamu. Makanlah dengan santai dan rehatlah sejenak dari pekerjaan. Dengan menerapkan pola makan sehat ini, kamu bisa mulai bekerja dengan pikiran lebih segar.

Biasakan Ngemil Sehat

biasakan ngemil sehat meski sedang work from home
Source: apwuhp.com

Saat work from home, hasrat untuk ngemil pasti sangat tinggi kan? Belum lagi kalau kamu bosan, pasti larinya ke camilan. Kalau kamu takut berat badan kamu malah bertambah semasa isolasi tapi tidak bisa berhenti ngemil, solusinya adalah dengan menyediakan camilan sehat di rumah. Contonya perbanyak ngemil buah-buahan, kacang-kacangan, dan sayuran. Kamu juga bisa sesekali buat smoothies atau jus sehat. Kalau kamu terbiasa ngemil camilan tersebut, tidak sulit kok untuk menerapkan pola makan sehat sehari-hari.

Buat Jadwal Makan

pola makan sehat dengan buat jadwal makan
Source: menshealth.com

Nutrisionis dan remote worket, Wilma MacDonald, mengatakan bahwa salah satu kesalahan yang dilakukan saat work from home adalah jadwal makan yang tidak teratur dan terlalu banyyak ngemil. Namun, untuk memulai pola makan sehat bisa dimulai dengan membuat jadwal makan agar lebih teratur. Sebelum mulai bekerja, biasakan sarapan dulu dengan menu yang kaya akan protein seperti oatmeal yang diberi selai kacang dan buah-buahan atau roti gandum dengan alpukat dan telur. Menu sarapan yang kaya protein akan bikin kamu kenyang lebih lama dan mengurangi hasrat ngemil berlebihan.

Perbanyak Minum Air Putih dan Batasi Kopi

minum air putih yang banyak saat work from home
Source: phys.org

Tidak jarang orang merasa kehilangan konsentrasi atau fokus dan hanya bisa diatasi dengan minum kopi. Mengonsumsi kopi bisa saja meningkatkan energi dan kewaspadaan, tapi sebaiknya batasi minuman berkafein ini. Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat memaparkan bahwa jumlah asupan kafein per hari maksimalnya adalah 400 mg atau setara dengan 4-5 cangkir kopi. Selain itu, sebaiknya minum kopi pada pukul 09.00-11.00 agar tidak menggangu jam tidur serta mengurangi risiko terkena efek caffeine crash. Nah, untuk memenuhi kebutuhan cairan harian sekaligus menerapkan pola makan sehat, jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih.

Buat Jurnal Makan

food journal
source: experiencelife.com

Setiap orang memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda, jadi sebaiknya biasakan deh untuk membuat jurnal makan agar kamu tahu dampak makanan yang kamu konsumsi pada energy dan suasana hati. Hal ini dipaparkan oleh Huffington Post yang menjelaskan pentingnya mencatat apa saja yang dikonsumsi selama satu minggu agar kamu bisa mengetahui pola makan sehat yang tepat untuk tubuh kamu. Terlebih saat pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, mengisolasi diri menjadi kesempatan yang baik untuk mulai menerapkan gaya hidup sehat.

Baca Juga:

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.