Inspirasi Kuliner

Memilih Kepiting yang Berkualitas. Begini Tipsnya

Pinterest LinkedIn Tumblr

Kamu pecinta kepiting? Makanan laut ini sering kamu temukan mulai dari di warung-warung tenda pinggir jalan sampai restaurant bintang lima. Namun, memilih kepiting untuk diolah menjadi makanan memang tidak mudah. Selain itu, kamu harus jeli dalam memilih kepitingnya. Agar hasil masakan kepitingmu sedap, perhatikan hal-hal berikut ini yuk!

Pergerakan

Memilih kepiting untuk dikonsumsi tentu harus yang masih hidup agar dagingnya masih segar. Tapi dalam proses memasaknya, kondisi hidup saja tidak cukup. Sebab hal itu berpengaruh terhadap cita rasa masakannya. Perhatikan responnya juga. Pilih yang merespon sentuhanmu dengan agresif. Kalau perlu coba tarik bagian kakinya dan lihat apakah kepitingnya melawan atau sekedar bergerak.  Respon agresif dari hewan air ini menandakan stamina yang bagus, sehat dan segar.

Warna cangkang

Hindari kepiting yang cangkangnya terang mengkilap. Sebaliknya, pilih cangkang yang mempunyai warna lebih kusam atau bisa juga yang telah tergores. Cangkang dengan warna kusam dan tergores menunjukan kepitingmu siap ganti kulit dan dagingnya lebih padat.

kepiting
sumber: istock

Periksa matanya

Mata kepiting merupakan denyut nadi. Kalau matanya rusak sama saja artinya kepitingnya tidak akan bertahan hidup lama. Selain itu mata yang sehat pertanda hewan tersebut masih segar.

makanan
sumber: getty image

Tekan bagian siku

hewan bercapit ini memiliki bagian siku yang lembut dan berselaput. Jika ditekan dan kembali seperti bentuk semula itu pertanda daging yang ada di dalamnya cangkangnya berisi penuh.

Periksa bagian capitnya

Pilih kepiting yang mempunyai capit utuh. Sebab daging di bagian ini tebal. Cek juga apakah kepitingnya bergigi tumpul atau pipih.

Periksa badan bagian bawah

Ketebalan daging kepiting bisa dilihat dari bagian perutnya. Coba tekan bagian tersebut dengan jari. Jika terasa kokoh saat disentuh pertanda dagingnya tebal. Di bagian ini terdapat semburat kekuningan. Ukuran berat yang baik untuk dikonsumsi adalah di atas 200 gr.  

makanan
sumber: pixabar

Aroma

Teliti sebelum membeli. Kepiting yang segar tidak akan mengeluarkan bau busuk ketika dimasak, amis atau berbau amoniak.

Pilih yang berusia tua

Kepiting tua punya daging yang lebih penuh dan mudah dikeluarkan dibandingkan yang muda. Untuk memastikan umur tua atau muda dapat dengan cara sedikit menekan pada cangkangnya. Jika keras, artinya hewan tersebut sudah tua. Jika empuk itu artinya masih muda.

Nah, itulah tips memilih kepiting yang berkualitas. Sudah siap memasak?

Baca juga:

Avatar
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.