Inspirasi

Begini Caranya Mencegah Jerawat saat Menggunakan Masker

Pinterest LinkedIn Tumblr

Di tengah pandemi covid-19 ini, masker menjadi salah satu alat pelindung yang cukup penting. Karena itu penggunaanya menjadi hal yang utama dalam protokol kesehatan untuk pencegahan infeksi dari virus corona. Walau dengan menggunakan aman, kamu merasa lebih aman, namun dengan terlalu lama kamu menggunakannya, apalagi dengan ukuran yang sangat ketat, jerawat pada kulit area wajah mengintai.

Dr. Whitney Bowe selaku dermatologis dari Manhattan, Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa penggunaan masker bisa memperburuk masalah pada wajah yang sebenarnya sudah ada. Ditambah lagi, dengan kelembapan ataupun udara yang cukup panas. Bahkan menurut penelitian yang diterbitkan oleh Journal of American Academy of Dermatology melaporkan bahwa setidaknya terdapat 83 persen pekerja kesehatan di Hubei Tiongkok mengalami masalah kulit pada bagian wajah. Karena itu, berikut ini tips yang bisa kamu lakukan untuk pencegahan dan timbulnya jerawat akibat penggunaan masker.

Membatasi Penggunaan Skincare

Begini Caranya Mencegah Jerawat saat Menggunakan Masker
doc. mandylikesbeingbroke

Dr. S. Tyler Hollming selaku direktur bedah dermatologis di Dell Medical School Unversity of Texas mengungkapkan bahwa penggunaan produk yang sedikit lebih baik daripada berlebihan. Kebanyakan orang kerap memakai terlalu banyak produk skincare. Jadi pertimbangkan lagi untuk membatasi skin care yang digunakan ketika kamu memakai masker secara rutin.

Cukup menggunakan pelembab ringan yang bebas dari pewangi atau pembersih muka tanpa sabun yang lembut. Selain dapat melembabkan kulit, pelembab memiliki fungsi lain yaitu bisa juga untuk melindungi area wajah dari gesekan yang ditimbulkan oleh masker.

Hindari Penggunaan Make-Up

Begini Caranya Mencegah Jerawat saat Menggunakan Masker
doc. Raphael Lovask

Saat kamu rutin menggunakan masker untuk berkegiatan, sebaiknya mulai hindari penggunaan make-up. Sebagai gantinya, kamu cukup menggunakan tabir surya dan pelembab kulit. Permasalahan lainnya adalah jika area di sekitar muka kamu berkeringat ketika menggunakan masker. Sari Marchbein seorang dokter kulit dari New York menyarankan agar mengusap dengan micellar water atau cairan pembersih wajah sebagai langkah pencucian cepat.

Karena dengan mencuci wajah dengan facial foam langsung, akibatnya dapat mengeringkan kulitmu. Sehingga kulit menghasilkan banyak minyak yang berdampak pada timbulnya banyak jerawat.

Kamu hanya dianjurkan menggunakan benzoyl peroxide untuk mengobati jerawat membandel, itupun penggunaannya hanya di sekitar area wajah yang terkena jerawat saja. Apabila kamu menggunakan retinol, oleskanlah produk tersebut hanya dalam satu malam saja lalu perawatan di tempat berikutnya.

Kasus lainnya yaitu apabila kamu mengalami hiperpigmentasi dari imbasnya jerawat sehingga berubah warna menjadi hitam. Disarakan, agar kamu mengoleskan tepat di area tersebut dengan obat yang mengandung glycolic acid. Kandungan tersebut efektif mengatasi noda juga spot gelap pada kulit wajah.

Gunakan Bahan Masker yang Tepat dan Nyaman

Begini Caranya Mencegah Jerawat saat Menggunakan Masker
womensweekly.com.sg

Apabila kondisi udara di sekitarmu terasa cukup panas, maka disarankan agar masker harus tetap dalam kondisi yang bersih. Karena itulah, kamu wajib untuk mengganti masker secara rutin. Dr. Candrice Heaths selaku asisten profesor dermatologi di Sekolah Kedokteran Lewis Katz, Universitas Temple mengungkapkan, selayaknya pakaian, masker pun harus rajin dicuci.

Hal tersebut wajar adanya, karena apabila kamu tidak rutin mengganti masker, kamu akan mengenakan masker yang didalamnya sudah terdapat keringat juga kotoran dan kamu memakainya di wajah secara terus menerus. Selain itu, agar kulit wajahmu masih tetap bisa bernafas dengan baik, dermatologis menyarankan untuk menggunakan masker kain yang 100 persen terbuat dari bahan katun.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.