Kesehatan

Work From Home Bikin Mata Lelah Karena Layar, Begini Cara Cegahnya

Pinterest LinkedIn Tumblr

Sadar tidak di antara kamu pasti merasa ada yang lebih sering melihat layar laptop, televisi, bahkan ponsel selama masa karantina mandiri karena pandemic virus corona? Bila melansir dari CNN Indonesia, sejak adanya kebijakan untuk tetap berada di rumah kane virus corona, estimasi orang dewasa menatap layar bisa mencapai 13 jam per hari. Bahkan bisa dikatakan lama waktu tersebut meningkat, dari sebelumnya 10 jam per hari di tahun lalu. Jika dibiarkan, kamu jadi sering mengalami mata lelah lho!

Efek yang akan ditimbulkan memang tidak langsung, namun jika terus dibudayakan, menatap layar terlalu lama dalam jangka panjang cukup berisiko. Di antaranya bisa menyebabkan pengelihaan kabur, mata lelah, mata kering, iritasi, hingga sakit kepala. Gejala tersebut pun berkaitan dengan digital vision syndrome atau sindrom pengelihatan digital. Untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa lakukan upaya berikut, minimal kamu bisa membuat mata beristirahat sejenak selama work from home.

Lakukan Aturan 20-20-20 Untuk Istirahatkan Mata

Aturan 20-20-20 ini sudah biasa dilakukan oleh orang-orang yang sering bekerja di depan laptop atau komputer. Raj Maturi selaku juru bicara American Academy of Ophthalmology pun mengatakan bahwa, jika mata kamu melihat target yang dekat, maka mata pun hanya melatih satu ototsepanjang waktu, dan melihat ke kejauhan dapat meredakan otot tersebut.

Maka dengan begitu, konsep 20-20-20 ini diterapkan. Yakni 20 menit waktu digunakan untuk menatap layar, kemudian setelahnya 20 detik melihat objek yang berada di jarak jauh sekitar 20 kaki (kurang lebih 6 meter).

Sering Mengedip

Apa ada di antara kamu yang saking fokusnya di depan layar, malah lupa mengedip? Nah, mulai sekarang jangan sampai kamu lupa mengedip. Bahkan sangat dianjurkan untuk mengedip, untuk mencegah mata lelah. Karena saat mata menatap layar yang terang dalam jarak dekat membuat mata kamu akan terus fokus dan otot mata menjadi tegang.

Untuk itu, dengan kamu sering mengedip, kamu sudah mencegah mata tegang dan kering.

Mulai Atur Jarak Antara Mata dan Layar

Work From Home Bikin Mata Lelah Karena Depan Laptop, Lakukan Pencegahannya
doc. Christin Hume

Jika selama ini letak layar laptop atau komputer kamu membikin mata dan area leher kamu membuat tidak nyaman. Segera atur ulang jarak antara mata dan layar. Letakan layar sejajar dengan mata dengan jarak lebih dari 45 sentimeter. Jangan sampai diletakan terlalu bawah ataupun terlalu atas.

Pasalnya, jika kamu meletakannya terlalu bawah, akan beresiko membuat mata menjadi kering. Sementara jika terlalu atas, berpotensi membuat leher menjadi sakit.

Atur Cahaya Sekitar Kamu

Work From Home Bikin Mata Lelah Karena Depan Laptop, Lakukan Pencegahannya
doc. Bekky Bekks

Selain mengatur jarak, kamu perlu lihat pencahayaan sekitar kamu. Kamu bisa coba atur cahaya di sekitar untuk lebih redup, sehingga layar bisa lebih terang daripada cahaya sekitar. Dengan begitu mata kamu bisa terhindar dari rasa sakit atau lelah.

Bersihkan Layar Kamu

Work From Home Bikin Mata Lelah Karena Depan Laptop, Lakukan Pencegahannya
pcgamer.com

Ada yang malas membersihkan layar laptop atau monitor komputer? Jangan malas lagi untuk bersihkan layar dari debu dan kotoran ya! Pasalnya, layar laptop dan monitor komputer yang kotor dan penuh debu yang menumpuk, bisa menyebabkan mata kamu mudah iritasi dan layar kamu pun akan terlihat lebih kabur dari biasanya.

Gunakan Night Mode atau Mode Malam

wikimedia.org

Kini sudah banyak sistem operasi, baik komputer maupun ponsel yang menawarkan mode malam atau dikenal juga sebagai night mode. Selain membuat tampilan menu menjadi lebih tenang dan nyaman di mata, mode ini pun dapat mencegah munculnya reaksi cahaya biru atau blue light yang biasa terpancar pada layar terang. Bahkan, menatap cahaya biru terlalu lama – apalagi jika dilihat malam, bisa membikin gangguan tidur atau insomnia. Jadi wajar saja jika sudah larut malam sebaiknya hindari menggunakan ponsel atau laptop.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.