Kesehatan

Apakah Mencuci Tangan Dengan Sabun Batang Efektif Menangkal Virus?

Pinterest LinkedIn Tumblr

Mencuci tangan dengan menggunakan sabun sudah menjadi ritual rutin yang terbukti ampuh untuk terhindar dari resiko terpapar virus corona. Karena memang selain menjaga kebersihan mulai dari pakaian, barang disekitar, hingga kebersihan tubuh yang terjaga memang terbukti bisa menjauhkan covid-19, mencuci tangan pun adalah upaya kecil yang paling sederhana untuk dilakukan. Karena hal sederhana ini, saat melakukannya pun kamu mungkin cenderung lebih memilih sabun cair. Selain praktis, tentu terkesan lebih higienis dari sabun batang.

Tapi mungkin sebagian dari kamu juga ada yang tidak bisa lepas dari sabun batang. Karena pertimbangan menggunakan sabun batang adalah dari segi harga, ketersediaan, dan kuantitas pemakaiannya. Terlebih, sabun batang terbilang eco-friendly karena terbebas dari penggunaan plastik dan multifungsi. Mungkin kamu pun mulai bertanya-tanya, apakah penggunaan sabun batang efektif menghindari kita dari virus corona? Apalagi jika sabun batang digunakan bersamaan dengan anggota keluarga lain.

Apa Fungsi Sabun Bagi Pencegahan Virus?

pixabay.com

Melansir Kompas.com, sabun dapat melawan virus corona dengan merusak membran lipid yang melindungi virus, dan meluluh lantahkannya. Jika dijabarkan secara sederhana, virus tidak dapat bertahan hidup dengan jenis sabun apapun, termasuk sabun jenis batang.

Jadi wajar saja, pencegahan virus terbaik adalah dengan sering mencuci tangan dan seluruh anggota tubuh dengan menggunakan sabun. Bahkan studi pun sudah mengatakan bahwa mencuci tangan menggunakan sabun adalah cara paling efektif menangkal virus daripada menggunakan hand sanitizer.

Jadi, Apakah Bakteri Bisa Hidup pada Sabun Batang?

Apakah Sabun Batang Higienis dan Efektif Menangkal Virus?
pixabay.com

Sebelum membahas dua hal tersebut, kamu perlu ketahui juga bahwa bakteri dan virus adalah dua hal yang berbeda. Bakteri tidak dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui sabun. Hal tersebut sudah dijabarkan pada penelitian ekstensif pada tahun 1965. Bahkan terdapat studi lanjutan pada tahun 1988 yang memperlihakan bakteri seperti E. coli dan Pseudomonas Aeruginosa pada sabun batang dapat berpindah atau tidak. Setelah teruji, hasil yang terkonfirmasi pun sesuai dengan penelitian awal, bahwa bakteri pada sabun tidak dapat ditularkan melalui cuci tangan.

Sebenarnya jika kamu masih tidak yakin, sah-sah saja untuk memilih sabun cair daripada sabun batang. Hanya saja, sulit rasanya jika mencuci tangan menggunakan sabun cair tanpa menyentuh pompa sabun. Pasalnya, jika memilih menggunakan sabun cair, hal yang perlu diwaspadai adalah penggunaan wadah plastiknya atau pompa sabunnya.

Kapan Waktunya Kamu Harus Hindari Penggunaan Sabun Batang?

Darien Sutton – Seorang Dokter di New York, pada HuffPost mengatakan bahwa sabun batang terbilang aman dan higienis untuk digunakan. Hanya saja Sutton pun menyarankan agar kamu menggunakan sabun batang untuk diri sendiri dan tidak digunakan oleh orang lain – bahkan orang rumah sekalipun. Terlebih jika ada orang rumah yang memiliki masalah kulit, simtomatik, atau terinfeksi. Hal tersebut guna mengurangi risiko kontaminasi, terlebih jika orang menggunakannya memiliki gejala aktif.

Jadi, bisa dikatakan, jika kamu ingin setia menggunakan sabun batang. Hindari penggunaan sabun batang dengan cara sharing dengan orang rumah. Gunakan sabun batang sebagai salah satu personal care kamu. Hal tersebut pun disarankan oleh Janette Nesheiwat, seorang dokter keluarga dan darurat di New York.

Cara Menyimpan dan Menjaga Kebersihan Sabun Batang

Apakah Sabun Batang Higienis dan Efektif Menangkal Virus?
pixabay.com

Saat sabun akan digunakan, bilas terlebih dahulu sebelum digunakan dan bilas kembali setelah digunakan. Selain itu, setelah dibilas pasca penggunaan, segera letakkan sabun di wadah kering dan terbuka. Karena jika sabun diletakan tertutup, sabun akan menumpuk kelembaban dan menjadi sarang bakteri.

Jika kamu memilih sabun batang, dan kamu berbagi kamar mandi dengan orang yang keluar-masuk rumah. Maka wajib sekali untuk kamu memiliki sabun terpisah dan sebaiknya tidak memakai sabun batang yang sama. Belum lagi, kamar mandi adalah tempat berkembang biak bakteri yang sangat aktif. Jadi, alat personal care kamu – termasuk sabun, harus selalu terjaga kehigienisannya.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.