Destinasi Indonesia Maluku

Menengok Pulau Buru yang Kini Jadi Destinasi Wisata yang Memikat

Pinterest LinkedIn Tumblr

Pulau Buru, nama pulau itu mengingatkan kita kembali pada Pramoedya Ananta Toer beserta karyanya yang terkenal, yaitu Tetralogi Pulau Buru. Baru-baru ini salah satu bukunya sudah tayang di bioskop-bioskop, film Bumi Manusia. Selain itu, pulau ini juga lekat dengan sejarah para tahanan politik yang dibuang oleh pemerintahan saat itu. Namun, kini pulau di Provinsi Maluku ini sudah dikenal oleh para wisatawan sebagai salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

pulau buru
Image Source @chevyesar

Seperti halnya pulau-pulau lain di wilayah Indonesia timur yang memiliki pantai-pantai yang cantik, begitupun halnya dengan Pulau Buru. Yuk, kita intip pantai-pantai di pulau yang ada di Provinsi Maluku ini.

Pantai Jikumerasa

Provinsi Maluku Utara
Image Source @aprianimytha

Dikenal sebagai penghasil minyak kayu putih kualitas terbaik, Pulau Buru juga memiliki wisata yang indah, salah satunya adalah Pantai Jikumerasa. Pantai ini jaraknya kira-kira 10 km dari pusat kota. Ketika berada di sini, kamu akan disambut oleh pasir putih dengan butirnya yang halus, air latunya yang berwarna biru jernih dan pohon kelapa yang menghiasi pantai, khas pemandangan pantai di Maluku. Pantai ini letaknya di Kabupaten Namlea. Kekhasan lain dari pantai ini adalah munculnya 3 rona yang memancar di lautan saat matahari sudah berada di puncaknya. Selain bersantai di pantai atau berjalan-jalan, kamu juga bisa mencoba snorkeling di sini.

Pantai Lala

Pulau Buru
Image Source @ayomainkeburu

Tak kalah cantiknya dari Pantai Jikumerasa adalah Pantai Lala. Objek wisata bahari di Provinsi Maluku ini memiliki pantai yang bersih dengan air yang jernih, tak lupa juga pasir putihnya. Jarak pantai ini dari pusat kota kurang lebih 10 menit saja dan aksesnya pun mudah. Saat berkunjung ke pantai ini, kamu juga bisa menyaksikan perahu-perahu para nelayan yang sedang berlayar.

Danau Rana

Provinsi Maluku Utara
Image Source @amanftografer

Danau yang berada di Provinsi Maluku ini merupakan yang terbesar di Maluku dan lokasi tepatnya berada di Kecamatan Air Buaya. Jaraknya dari Kota Namlea sekitar 80 km. Bagi masyarakat sekitar, danau ini dianggap suci karena dipercaya nenek moyang Suku Rana pernah tinggal di danau tersebut. Kalau ingin melihat keindahan teratai mekar, kamu bisa menyewa perahu dari warga.

Pantai Waeperang

Image Source @iinmukadar

Penggemar diving, siap-siap untuk berkunjung ke Pantai Waeperang yang ada di Pulau Buru ini. Pantai yang memiliki garis pantai sepanjang 3 km ini memiliki hiasan berupa pasir putih dan terumbu karang yang indah di bawah laut.

Baca juga Pulau Dodola, Surga Tersembunyi di Maluku Utara

Provinsi Maluku tak kalah dari provinsi-provinsi lain di Indonesia timur yang memiliki wisata alam dan bahari yang memukau. Keindahannya memang sangat berkelas. Liburan ini ayo main ke Pulau Buru.

Sansan
Author

2 Comments

  1. Avatar
    Agung basry Reply

    Mohon Maaf Pulau Buru Bukan Provinsi Maluku Utara Melainakan provinsi Maluku mohon agar admin dapat meluruskan

    • Sansan
      Sansan Reply

      Terima kasih infonya, ya. Mimin siap koreksi kesalahannya. Oh, iya terima kasih juga sudah mampir. Silakan baca artikel menarik lainnya.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.