Internasional

Mengenal Beragam Tradisi Unik Hari Raya Idul Fitri di Seluruh Dunia

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bicara soal tradisi hari raya Idul Fitri di dunia pasti menarik. Tiap negara memiliki tradisinya masing-masing yang tentunya unik. Di Indonesia saja, tiap daerah memiliki kebiasaan yang beragam ketika merayakan Idul Fitri. Nah, bagaimana dengan perayaan Idul Fitri di negara lain? Yuk, simak ulasannya di Holamigo.

Indonesia

Bersalam-salaman – Image source: beritagan.blogspot.com

Tradisi hari raya Idul Fitri di Indonesia sangat beragam di tiap daerahnya. Meski begitu ada beberapa kesamaan seperti mengumandangkan takbir di malam hari menjelang lebaran. Lalu kebiasaan halal bi halal, berziarah, dan yang paling banyak dinanti, mudik. Ada juga makanan khas lebaran yang lagi-lagi pasti berbeda tiap daerahnya. Tapi ketupat pasti selalu ada.

Malaysia

Tradisi lebaran di Malaysia – rasmig.blogspot.com

Bagaimana dengan tradisi hari raya di negara tetangga kita Malaysia? Ternyata negara ini mempunyai kebiasaan yang tak beda jauh dari Indonesia. Ini bisa dilihat dari kuliner khas lebarannya yang berupa ketupat dan rendang. Selain itu ada juga balik kampung yang sama dengan kebiasaan mudik di Indonesia. Mereka juga melakukan silaturahmi serta membagikan hadiah lebaran berupa uang yang dilakukan oleh mereka yang sudah bekerja. Selanjutnya mereka juga berziarah ke makam keluarga.

Arab Saudi

Menghias rumah – Image source: quranfocus.com

Di negara penghasil minyak ini, tradisi hari raya Idul Fitri sangat akrab dengan kesenian. Bermacam acara diadakan, contohnya parade, baca puisi, teater sampai pertunjukan musik. Di negara ini tentu tak dihidangkan opor ayam dan ketupat. Mereka akan menyajikan daging domba yang dicampur bersama nasi dan sayuran tradisional. Hidangan ini umum ditemui di negara-negara Timur Tengah lainnya. Di negara ini juga ada kebiasaan menghias rumah supaya terlihat indah.

Australia

tradisi, hari raya
festival multi kultur – Image source: abc.net.au

Meski muslim di negara ini adalah kaum minoritas tapi mereka masih bisa merayakan tradisi hari raya Idul Fitri. Perusahan-perusahaan di sana ada yang memberikan waktu libur di hari lebaran sehingga mereka bisa berkumpul bersama keluarga. Hal lain yang ada saat Idul Fitri adalah festival multi kultur. Acaranya tidak hanya diramaikan oleh umat muslim saja tapi juga umat dari agama lain.

Tiongkok

tradisi, hari raya
Lebaran di Tiongkok – Image source: youtube.com/CGTN

Di negara tirai bambu ini Idul Fitri dirayakan dengan mengunjungi dan membersihkan makam leluhur juga mendoakan mereka. Tradisi mempersembahkan doa ini dilaksanakan sebagai penghormatan terhadap ratusan ribu umat muslim yang meninggal saat masa Dinasti Qing serta Revolusi Kebudayaan. Seusai shalat Ied, mereka makan-makan serta bersilaturahmi.

Amerika Serikat

tradisi, hari raya
Salat Ied – Image source: huffpost.com

Di negara Paman Sam ini, tradisi perayaan Idul Fitri dilakukan dengan melaksanakan salat Ied. Usai salat, mereka akan saling berpelukan seraya mengucapkan selamat Idul Fitri. Pakaian khas lebarannya pun beragam karena kebanyakan yang merayakan hari raya ini adalah warga imigran.

Rusia

tradisi, hari raya
Menyantap hidangan Idul Fitri – Image source: earnrussianlanguage.net

Tradisi hari raya Idul Fitri di Rusia berbeda. Di negara ini perayaan lebaran dirayakan tak hanya satu atau dua hari tapi tiga hari. Mereka merayakannya di rumah masing-masing. Seusai salat Ied, mereka akan menyantap menu yang berbahan daging kambing. Hidangan tersebut disantap bersama dengan salad dan sup.

Nigeria

Salat Ied di Nigeria – Image source: allafrica.com

Di negara yang terletak di Benua Afrika ini, tradisi Idul Fitri dengan saling mengucapkan salam pada satu sama lain. Salam itu bunyinya “barka Da Sallah” yang artinya salam sejahtera pada hari raya. Idul Fitri di Nigeria dikenal dengan nama “Sallah Kecil”. Penduduk Nigeria didominasi oleh umat muslim dan kristen. Keduanya saling menghormati dan toleransi sehingga saat perayaan Idul Fitri, umat kristen akan turut membantu acara yang berhubungan dengan perayaan lebaran.

Baca juga:

Itulah tradisi hari raya dari berbagai belahan dunia yang tentunya unik dan berbeda-beda. Bagaimana perayaan Idul Fitri di daerahmu?

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.