Kesehatan

Mengenal Ebola yang Kini Mewabah di Republik Demokratik Kongo

Pinterest LinkedIn Tumblr

Ebola kini sedang melanda negara Republik Demokratik Kongo yang berada di Afrika bagian tengah. Dikutip dari Bloomberg, menurut Menteri Kesehatan Republik Demokratik Kongo sudah ada empat orang yang meninggal. Apakah Ebola sama penyebaranya dengan Corona? Cari tahu jawabannya di Holamigo berikut ini.

Apa itu Ebola?

Ebola, kongo
Isolasi Ebola – Pixabay.com/bhossfeld

Ebola atau Ebola virus disease disingkat EVD dulunya dikenal sebagai demam berdarah Ebola. Penyakit ini pertama kali ditemukan pada tahun 1976 di desa-desa terpencil di Afrika Tengah yang berada dekat dengan hutan tropis. Dugaan awal, virus ini asalnya dari gorila lalu orang memakan dagingnya dan terkena virusnya. Akan tetapi teori ini kemudian disanggah oleh para ilmuwan. Wabah EVD yang terbesar juga terkompleks terjadi daerah Afrika Barat antara tahun 2014 sampai 2016. Penyebaran wabah ini mencapai negara lain seperti Guinea lalu bergerak ke Sierra dan Liberia.

Seberapa Menularkah EVD?

Berbeda dengan SARS atau Severe Acure Respiratory Syndrom atau juga virus influenza, orang tidak akan terkena virus Ebola hanya karena berdekatan dengan orang yang sudah terinfeksi. Orang akan terinfeksi virus tersebut jika terjadi kontak langsung dengan cairan tubuh si penderita. Yaitu ketika orang yang menderita virus ini muntah atau keluar darah dan muntah dan darah tersebut mengenai hidung, mata atau juga mulut orang lain.

Inang Virus Ebola

Ebola, kongo
Kelelawar buah – Unsplash.com/Steven Mc Leod

Diperkirakan kelelawar buah dari keluarga Pteropodidae adalah inang virus Ebola alami. EVD ditularkan kepada manusia melalui hewan-hewan liar, contohnya kelelawar buah, primata non-manusia dan landak. Penularan antar manusia bisa terjadi melalui kontak langsung dengan organ, darah, sekresi, atau cairan tubuh lain pada orang yang terkena infeksi. Bisa juga virus ini ditularkan melalui barang-barang seperti, pakaian atau tempat tidur yang terkontaminasi cairan yang mengandung virus. Namun orang yang terinfeksi EVD tak bisa menyebarkan penyakit sampai orang itu mengalami gejala.

Gejala Awal

Panas tinggi – Pixabay.com/guvo59

Seperti apakah gejala awal orang yang terkena virus Ebola? Gejala awal virus ini antara lain, demam, pusing, dan nyeri. Kadang-kadang timbul ruam-ruam pada tubuh penderita dan diikuti dengan muntah-muntah dan diare.

1 2
Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.