Kesehatan

Mengenal Listeria, Bakteri Pembunuh Dalam Jamur Enoki

Pinterest LinkedIn Tumblr

Jamur enoki adalah salah satu jenis makanan yang unik dan sangat lezat. Namun baru-baru ini jamur ini justru merenggut nyawa empat orang dan membuat 31 orang lainnya di Amerika Serikat harus menjalani perawatan. Ternyata penyebab utamanya adalah listeria.

Apakah listeria itu?

Orang-orang yang terjangkit bakteri listeria akan mengalami listeriosis, penyakit yang biasanya disebabkan oleh makan makanan yang terkontaminasi oleh bakteri Listeria monocytogenes. Bakteri ini dapat tumbuh di lingkungan sekitar kita. Bahkan listeria bisa berkembang dalam makanan pada suhu dingin.

Kebanyakan orang yang terpapar Listeria hanya akan mengalami gejala ringan. Tapi listeria juga bisa menyebabkan kondisi kesehatan parah, khususnya pada mereka yang berisiko tinggi. Orang yang memiliki potensi tinggi terkena penyakit listeriosis termasuk wanita hamil dan bayi dalam kandungan, bayi yang baru lahir, orang tua, dan orang-orang dari segala usia dengan sistem kekebalan yang menurun.

BACA JUGA:

Kasus jamur enoki

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, CDC, menemukan bahwa wabah listeria yang sedang terjadi disebabkan oleh jamur enoki. Jamur yang terlah terkontaminasi listeria tersebut berasal dari perusahaan Korea Green Co Ltd dan didistribusikan oleh H&C Food Inc., Guan’s Mushroom Co, dan Sun Hong Foods, Inc.

Apakah jamur enoki berbahaya?

Walau kasus jamur enoki yang terkontaminasi listeria menimbulkan korban jiwa, namun ternyata bukan hanya jamur ini saja yang berisiko terkontaminasi oleh bakteri ini. Bakteri ini juga bisa mengontaminasi kecambah, daging, sosis, makanan laut, keju lunak, dan susu yang tidak dipasteurisasi.

Orang yang tidak berisiko tinggi biasanya hanya akan mengalami gejala demam atau diare. Tapi untuk orang yang memiliki potensi risiko tinggi bisa mengalami demam, nyeri otot, sakit kepala, leher kaku, bahkan hingga keguguran.

1 2
Mario
Author

Makhluk penasaran yang suka belajar tentang content marketing, tapi lebih hobi baca novel, manga, main game, gebukin samsak.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.