Kuliner

Mengenal Roti Gambang, Salah Satu Roti Terenak Dunia dari Betawi

Pinterest LinkedIn Tumblr
roti gambang menggunakan kayu manis
Image source: @foodrecipesindonesia

Roti gambang, roti khas dari Betawi, ternyata berhasil masuk ke daftar roti paling enak di dunia versi CNN. Daftar ini dirilis sebagai bentuk perayaan Hari Roti Sedunia yang jatuh pada tanggal 16 Oktober.  Roti asal Betawi ini berada di posisi 19 dari 50 daftar roti terenak di dunia. Kamu sendiri apa pernah mendengar tentang roti ini? Kalau belum, simak info berikut ini sampai akhir ya!

Termasuk Roti Jadul

roti gambang salah satu roti terenak di dunia
Image source: @dapoersikoko

Roti gambang sebenarnya sudah ada di Indonesia sejak lama. Bahkan, menurut laman Sari Husada dan Enjoy Jakarta, roti ini termasuk roti yang hampir punah. Merupakan warisan dari zaman Belanda, roti khas Betawi ini mempunyai cita rasa yang khas dan unik.

Roti gambang sejenis dengan kue bolu. Yang membedakannya adalah roti ini tidak menggunakan gula putih seperti kebanyakan kue bolu, melainkan gula aren atau gula merah. Kabarnya, zaman dulu masyarakat Betawi kesulitan untuk menemukan gula putih. Jadi, sebagai pengganti, mereka menggunakan gula aren sebagai bahan pemanis.

roti gambang menggunakan kayu manis
Image source: @foodrecipesindonesia

Selain gula aren, roti gambang dibuat dari campuran tepung, telur, margarin, susu, bubuk kayu manis, dan bahan lainnya. Awalnya, roti ini tidak sulit untuk ditemukan. Tetapi, semenjak banyak orang Betawi yang bermigrasi ke luar kota atau pinggiran Jakarta, tidak banyak lagi orang Betawi yang memproduksi roti tradisional ini.

Biasanya penjual  menggunakan gerobak sepeda untuk menjual roti gambang. Ada juga beberapa home industry yang masih memproduksi roti tradisional ini yang dikreasikan agar tampak lebih menarik dan menggugah selera.

Asal Nama Gambang

Image source: budayajawa.id

Roti ini memiliki bentuk yang mirip dengan alat musik tradisional Betawi yaitu gambang kromong, makanya dinamai roti gambang. Alat musik ini sejenis alat musik orkes yang menggabungkan unsur gamelan dengan alat musik Tionghoa seperti tehyan, sukong, dan kongahyan.

Ciri Khas

Image source: @debykristianti

Roti tradisional khas Betawi ini memiliki aroma khas dibandingkan dengan roti lainnya. Aroma khas roti gambang berasal dari campuran kayu manis sehingga menjadikan aromanya berbeda dari hidangan sejenis lainnya.

Dari segi tekstur, roti tradisional khas betawi ini memang tidak selembut roti biasa. Rasa manisnya pun tidak begitu kuat karena menggunakan gula aren, bukan gula putih. Warna kecoklatan dari roti ini pun karena dicampur gula aren. Ciri khas lain dari roti ini yaitu adanya taburan wijen di atasnya sebagai pemanis.

Ingin mencoba roti ini? Kamu bisa kok menyantapnya sebagai sajian saat sarapan pagi atau sebagi teman minum kopi / teh di sore hari. Celupkan saja roti ini ke minuman pilihanmu, dijamin deh rasanya pasti akan lebih nikmat!

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.