Seni Seni dan Budaya

Mengenal Daechwita Salah Satu Genre Musik Tradisional Korea

Pinterest LinkedIn Tumblr

Salah satu Rapper dari Idol Kpop Bangtan Seoyeondan atau yang dikenal dengan nama BTS baru-baru ini mengeluarkan sebuah album solo yang bertajuk Daechwita. Lagu terbarunya berhasil menduduki tangga lagu di beberapa negara. Sampai hari ini music video yang disutradarai oleh Choi Yong Seok dari Lumpen ini telah ditonton sebanyak 101,631,397 views. Dilansir dari Forbes, Daechwita berhasil masuk kategori peringkat 4 besar solois KPOP di dalam sejarah Hot 100.  

Lalu, Apa sih Daechwita itu? Nah, dilihat dari sejarahnya Daechwita adalah satu genre musik yang lahir di zaman Joseon. Genre musik ini berasal dari Dinasti Han. Lalu musik tersebut berkembang sejak Zaman kerjaan Georyo dan Joseon. Daechwita ditampilkan untuk mengiringi prosesi di kerajaan. Semisal saat raja keluar dan masuk istana, pada saat raja berpelesir dan saat prajurit berparade. Di zaman sekarang alat musik tiup dan pukul ini dimainkan saat pergantian penjaga istana di istana Gyeongbok dan Deoksu, juga di dalam acara-acara khusus seperti penyambutan tamu kenegaraan.

deachwita - genre musik militer korea
sumber: Korean music parade

Alat Musik

Jenis alat musik yang dimainkan dalam penampilan Daechwita adalah alat musik tiup dan alat musik pukul. Alat musik tiup yang digunakan di dalam Daechwita yakni Nagak, sebuah alat musik tiup yang menghasilkan nada tinggi tunggal. Nagak terbuat dari kulit kerang besar. Alat musik tiup yang kedua disebut Nabal, terbuat dari kuningan. Bentuknya panjang dan tipis. Dan terakhir, Taepyeongso, alat musik tiup ini berperan sebagai melodi utama.

Baca juga:

Alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul di antaranya, Jing, Jabara dan Yonggo. Jing adalah sebuah gong yang berukuran besar. Lalu, di dalam Daechwitajuga ada yang disebut dengan Jabara, simbal kecil. Drum kecil di dalam genre musik ini disebut yonggo. Drum ini dihiasi Dancheong (pola hiasan tradisional Korea) yang berwarna-warni khas. Yonggo adalah instrument yang memainkan peran utama dari musik Daechwita. alat musik lain seperti Ulla, Janggu, Piri dan Sogeum juga ditambakan.

daechwita
sumber: Seouldiary14

Daechwita dimainkan oleh 10 orang lebih dalam setiap penampilannya. Mereka dipimpin oleh seorang konduktor yang disebut Deungchae.

Nah, itu lah penjelasan singkat mengenai apa itu Daechhita. Untuk lebih jelasnya yuk tonton Daechwita versi Agust D dan versi tradisionalnya di kanal Youtube Bighit Label dan pagelaran seni di National Gugak Center, Korea Selatan.

Avatar
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.