Destinasi Internasional

Mengenal Sang Ahli Fisika di Museum Nikola Tesla

Pinterest LinkedIn Tumblr

Kehidupan kita di masa kini tak akan lepas dari kebutuhan akan sumber listrik. Mulai dari pencahayaan lampu, hingga pengisian baterai gadget, semua membutuhkan listrik. Namun tak banyak yang tahu bahwa ada jasa seorang Nikola Tesla yang menemukan sistem kelistrikan arus bolak-balik atau Alternating Current (AC).

Penemuannya tersebut berkembang pada masa Revolusi Industri Kedua. Nikola Tesla menjadi sosok teknisi listrik terhebat di Amerika Serikat. Fisikawan kelahiran 10 Juli 1856 ini telah mengembangkan berbagai penemuan.

Nikola Tesla

Ia melakukan eksperimen dengan osilator/generator mekanik, tabung lucutan listrik, dan pencitraan X-ray. Ia pun mengembangkan beragam teknologi nirkabel seperti penerangan, distribusi tenaga listrik, hingga komunikasi.

Tesla meninggal pada tahun 1943 di New York. Beragam penemuan dan karyanya sangat berarti bagi kelanjutan perkembangan teknologi hingga kini. Namanya ditetapkan oleh Konferensi Umum mengenai Berat dan Ukuran sebagai satuan SI untuk densitas fluks magnetik, yakni satuan “tesla”.

Museum Nikola Tesla

Nikola Tesla
Image credit: only_point_five (flickr.com)

Seluruh pengalaman hidup dan karya-karya Nikola Tesla terangkum dalam Museum Nikola Tesla di Beograd, Serbia. Beragam objek dan artefak di museum ini didatangkan langsung dari New York pada 7 September 1952.

Awal pengembangan museum ini dilakukan oleh keponakan Tesla, Sava Kosanović, beserta kerabatnya. Ada lebih dari 160.000 dokumen asli mengenai Tesla di museum ini. Selain itu ada sekitar 2.000 buku dan jurnal, 1.200 objek teknis, 1.500 dokumentasi foto, serta 1.000 gambar rancangan.

Museum Nikola Tesla terletak di sebuah villa yang berada di pusat kota Beograd. Villa megah ini dibangun atas rancangan arsitek Dragiša Brašovanpada tahun 1927. Pameran permanen mengenai Tesla dibuka sejak tahun 1955. 

Ada beberapa bagian yang tersaji di dalam museum ini. Pada bagian pertama, disajikan pameran utama untuk mengenang kehidupan Tesla. Pada bagian kedua, disajikan pameran interaktif dengan komputer 3D yang menggambarkan penemuan-penemuan Tesla.

Dalam beberapa waktu, museum ini pun menyelenggarakan pameran tematik yang memamerkan dokumen, fotografi, serta artefak lain yang memiliki usia dari era penemuan Tesla.

Baca juga Yuk Isi Waktu Karantina Di Rumah Kamu Dengan Keliling Museum Ghibli!

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.