Destinasi Teknologi

Mengenal Sosok Para Presiden Indonesia di Museum Kepresidenan RI

Pinterest LinkedIn Tumblr

“Tidak ada kekuasaan yang layak dipertahankan dengan pertumpahan darah.”

Itulah salah satu kutipan Presiden Abdurahman Wahid pada salah satu dinding di Museum Kepresidenan RI Balai Kirti. Museum ini memang didedikasikan untuk para presiden yang pernah memimpin negara kita.

Museum Kepresidenan RI berlokasi di kawasan Kebun Raya Bogor, di Jalan Ir. H. Juanda No. 1, Kota Bogor. Pada bagian depan bangunan museum terdapat sebuah prasasti bertuliskan, “Setiap presiden ingin berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negaranya.” Prasasti ini ditandatangani oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat peresmian museum pada 18 Oktober 2014.

Galeri Kebangsaan

Virtual Tour Museum Kepresidenan
Museum Kepresidenan | Image credit: kebudayaan.kemdikbud.go.id

Begitu memasuki bagian teras museum, kita akan disambut dengan pilar-pilar yang dihiasi foto para presiden, mulai dari Presiden Soekarno hingga Presiden SBY. Masuk ke dalam musem, terdapat sebuah dinding dengan patung garuda Pancasila yang besar. Di samping kanan dan kiri patung ini terdapat teks proklamasi serta Pancasila.

Di balik dinding patung ini, terdapat sebuah ruang audio visual yang menampilkan video-video tentang masing-masing sosok presiden Indonesia. Tepat di sebrang pintu masuk ruangan ini, berdiri 6 patung presiden yang begitu menawan.

Galeri Kepresidenan

Museum Kepresidenan
Museum Kepresidenan | Image credit: instagram.com/balaikirti

Dari lantai 1, kita beranjak ke lantai 2. Di lantai ini terdapat ruang pamer koleksi yang disebut dengan Galeri Kepresidenan. Setiap ruangan menceritakan kehidupan masing-masing presiden. Perjalanan ke ruangan ini tentu diawali dari ruangan Presiden Soekarno, sebagai presiden pertama RI.

Dalam masing-masing ruangan, ditampilkan 3 layar TV yang memutar video tentang kehidupan sang presiden. Beberapa artefak pun ditampilkan, seperti pakaian, plakat, lencana tanda jasa, hingga benda-benda pribadi.

Selain itu, pada salah satu dinding, diputar sebuah video dokumenter mengenai sosok presiden. Dinding ini berhadapan dengan galeri-galeri foto para presiden. Di sudut setiap ruangan pun dipajang lukisan figur presiden, bersandingan dengan relief yang terukir kutipan dari mereka.

Pada akhir ruang pamer, terdapat ruang epilog. Di ruangan ini terpajang sebuah lukisan besar karya pelukis Jeihan yang menggambarkan sosok 6 presiden RI.

Perpustakaan dan Rooftop

Museum Kepresidenan
Perpustakaan Museum Kepresidenan | Image credit: kebudayaan.kemdikbud.go.id

Masih di lantai 2, terdapat sebuah perpustakaan yang menyimpan koleksi buku mengenai para presiden RI. Perpustakaan ini dilengkapi dengan sofa, meja, dan kursi agar suasana membaca tetap nyaman. Di bagian belakang perpustakaan ada sebuah ruang khusus baca untuk presiden.

Selain perpustakaan, Museum Kepresidenan RI memiliki sebuah rooftop yang dirancang dengan teras dan taman. Bagian rooftop ini begitu nyaman dibuat secara semi outdoor dengan pintu dan jendela kaca.

Museum ini pun memiliki fitur virtual tour yang dapat kita akses di mana saja. Cukup dengan membuka situs virtual tour Museum Kepresidenan RI, kita bisa menjelajahi isi museum ini melalui internet.

Baca juga Menggali Ingatan di Museum Tsunami Aceh

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.