Asal-usul

Mengenang Yuri Gagarin, Penjelajah Luar Angkasa Pertama dari Uni Soviet

Pinterest LinkedIn Tumblr

52 tahun yang lalu, dunia astronomi kehilangan sosok penting dalam sejarah. Ialah Yuri Gagarin, seorang kosmonot pertama asal Uni Soviet yang pertama kali terbang ke luar angkasa. Ia menghembuskan nafas terakhirnya dalam sebuah kecelakaan pesawat terbang dekat Moskow.

Pada masa itu, dunia antariksa Uni Soviet dan Amerika sedang beradu keunggulan. Tahun 1961, Yuri Gagarin menjadi manusia yang pertama kali diterbangkan ke luar angkasa. Penerbangan pertama ini dilakukan selama 108 menit dengan menggunakan pesawat roket Vostok 1.

Manusia yang Pertama Kali Terbang di Luar Angkasa

Yuri Gagarin
Image source: britannica.com

Saat itu usia Yuri Gagarin masih 27 tahun. Ia mengorbit sejauh 302 kilometer dari atas bumi. Setelah 108 menit yang menegangkan di luar angkasa, pesawat roket yang membawanya pun kembali ke bumi. Takdirnya berada dalam peristiwanya ketika kembali. Begitu memamsuki atmosfer bumi, Yuri harus keluar dari pesawatnya dan turun dengan parasut.

Yuri Gagarin kembali ke bumi dengan selamat. Ia disanjung oleh banyak pihak dan menerima sejumlah penghargaan. Di antaranya ia mendapatkan mendali “Hero of the Soviet Union”. Bahkan Presiden Soekarno, yang saat itu menjalin hubungan diplomatik yang cukup erat dengan Uni Soviet, juga memberikan penghargaan kepada Yuri. Penghargaan tersebut bernama Bintang Mahaputra.

Perjalanan Hidup Yuri Gagarin

Yuri Gagarin
Image source: bbc.com

Yuri Gagarin lahir pada 9 Maret 1934 di desa Klushino dekat wilayah Oblast Smolensk di Rusia. Ia menempuh pendidikan teknisi strata SMA di Saratov. Kemudian ia melanjutkan pendidikannya dengan masuk sekolah Angkatan Udara Uni Soviet.

Kedekatannya dengan dunia antariksa dimulai ketika ia menjadi letnan senior dan mengikuti berbagai pelatihan mengenai bidang luar angkasa ini. Lalu ia pun dipilih menjadi kosmonaut untuk Uni Soviet.

Setelah berhasil melakukan orbit di luar angkasa, ia menjabat sebagai Deputi Direktur Pelatihan di Pusat Pelatihan Kosmonot Rusia. Pada 27 Maret 1968, ia melakukan latihan dengan menggunakan pesawat MiG-15. Terjadi kesalahan teknis yang menyebabkan pesawatnya terlalu tajam ketika bermanuver.

Pesawat MiG-15 tidak berhasil menghindar dengan mulus, akibatnya kecelakaan pun tak dapat dihindarkan. Yuri Gagarin pun menghembuskan nafas terakhirnya dalam kecelakaan ini di usianya yang ke-34 tahun.

Baca juga 3 Fakta Tentang Amelia Earhart, Wanita Pertama yang Terbang Menyebrangi Samudra Atlantik

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.