Kesehatan

Sudahkah Kamu Menggunakan Hand Sanitizer Dengan Tepat?

Pinterest LinkedIn Tumblr

Hand sanitizer saat ini masih menjadi barang penting yang harus dibawa ke mana-mana selama pandemi. Cairan pembersih ini benar-benar berguna saat kamu bepergian dan menyentuh benda asing, tentu setelahnya kamu langsung menggunakan cairan satu ini sebagai alternatif cuci tangan menggunakan sabun.

Memang sulit untuk dipungkiri jika cuci tangan menggunakan sabun masih jadi senjata utama untuk menangkis virus corona. Cairan satu ini bisa menjadi alternatif apabila posisi kamu jauh dari sabun dan air. Maka saat pandemi covid-19 ini, hand sanitizer menjadi barang wajib yang perlu kamu bawa-bawa di tas sebagai bentuk pencegahan virus penyebab covid-19.

Walau penggunaan hand sanitizer sebagai pengganti cuci tangan menggunakan sabun sudah direkomendasikan oleh para ahli. Apakah kamu sendiri sudah menggunakan cairan pembersih ini dengan tepat?

Menggunakan Hand Sanitizer pun Ada Aturannya

person holding white plastic pump bottle
doc. Kelly Sikkema

Jika melansir CNN Indonesia, banyak juga yang menyepelekan penggunaan cairan pembersih ini dengan cara mengoleskan saja atau menggosokkan saja. Padahal, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) ada prosedur khusus saat menggunakan hand sanitizer.

Menurut peninjauan CDC, menggunakan cairan pembersih ini akan lebih efektif jika kamu menggosok setidaknya 30 detik di permukaan tangan. Dengan catatan, formula hand sanitizer yang digunakan mengandung 80 persen ethanol atau setara dengan 75 persen isopropil alkohol, yaitu sesuai dengan persetujuan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Bisa dikatakan bahwa penelitian tersebut ditemukan bahwa saat menggosokkan tangan menggunakan cairan pembersih selama 30 detik, dapat menonaktifkan virus. Dengan begitu, panduan yang dianjurkan CDC menunjukkan agar kamu menggunakan cairan pembersih ini dengan cara mengoleskan gel ke salah satu telapak tangan. Kemudian menggosoknya dengan kedua telapak tangan, dan pastikan gel sudah terbaur hingga ke sela-sela jari.

Saat Membaurkan Gel, Pastikan Tidak Ada Bagian Telapak Tangan yang Kering

person holding white plastic pump bottle
doc. Kelly Sikkema

Selain menggosokkan gel selama 30 detik, kamu juga perlu perhatikan saat menggosokkanya – pastikan cairan pembersih sudah membaur ke seluruh telapak tangan. Dalam artian lain, pastikan telapak tangan kamu benar-benar basah, dan tidak ada bagian lainnya yang kering. Karena cara kerja hand sanitizer tidak benar-benar menghilangkan mikroorganisme, jadi cairan pembersih tidak akan seefektif cuci tangan menggunakan sabun.

Jadi, gunakan cairan pembersih saat kamu benar-benar tidak menemukan air dan sabun. Namun jika kamu berdekatan dengan wastafel juga sabun, sebaiknya kamu tetap cuci tangan menggunakan air dan sabun selama 20 detik.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.