Destinasi Indonesia Papua

Mengungkap Kemolekan Alam Lembah Baliem yang Tersembunyi

Pinterest LinkedIn Tumblr

Ditemukan secarat tidak sengaja pada  tahun 1938, lembah ini dikenal sebagai gerbang untuk mengenal Papua lebih dekat melalui Festival Budaya Lembah Baliem. Tak hanya budayanya saja yang menarik, namun pesona alamnya pun akan mampu memikat pecinta travelling dari berbagai tempat. Mau tahu apa saja yang bisa ditawarkan lembah di kawasan Pegunungan Jayawijaya ini pada travellers? Simak informasi selengkapnya hanya di sini!

Goa Kontilola

goa kontilola berada di lembah baliem
Image source: @jendela_negeri

Goa yang berlokasi di Desa Musaima, Distrik Kurulu, Kabupaten Jayawijaya ini menawarkan pesona tersendiri dari bentuk stalaktitnya yang unik serta tiang penyanggah yang terbuat dari batu alam. Untuk mengakses Goa Kontilola, kamu perlu  mengunjungi Desa Musaima terlebih dahulu yang ditempuh dengan jarak sekitar 25 km dari Kota Wamena. Untunglah akses jalannya cukup mudah sehingga kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum untuk sampai di desa tersebut. Hanya dibutuhkan waktu selama 30 menit dan kamu akan segera menikmati salah satu kemolekan alam Lembah Baliem ini.

Telaga Biru Maima

Image source: @vopcloth

Selanjutnya Lembah Baliem menawarkan pesona Telaga Biru Maima, telaga yang diyakini sebagai tempat hidupnya manusia pertama di Papua. Telaga ini terletak di Distrik Maima, Kabupaten Jayawijaya. Dari Kota Wamena ke Telaga Biru memakan waktu sekitar 30 menit dengan jarak tempuh 16 km.

Air Terjun Tinggima

Menempuh jarak 35 km dari Kota Wamena, kamu akan sampai di Air Terjun Tinggima yang terletak di Distrik Wollo. Air terjun ini mampu memikat siapa saja yang melihatnya karena pemandangannya yang memukau. Tidak ada salahnya untuk mengunjugi tempat ini saat kamu mengeksplorasi berbagai keindahan di Lembah Baliem.

Danau Habema

Image source: @adventureideas

Satu lagi pesona Lembah Haliem yang tidak boleh kamu lewatkan; Danau Habema. Danau ini merupakan danau terbesar dan satu-satunya yang ada di Pegunungan Tengah Papua. Jarak tempuh dari Wamena ke Danau Habema sekitar 4,1 km. Kamu bisa menggunakan kendaraan beroda dua atau empat untuk sampai ke sana.

Pasir Putih Aikima

Panorama alam di Lembah Baliem ini berupa hamparan pasir putih menyerupai pantai. Letaknya ada di Desa Aikima, Distrik Pisugi. Bila menggunakan kendaraan bermotor, dibutuhkan waktu tempuh sekitar 10 menit dengan jarak 8,3 km dari Kota Wamena untuk sampai ke tempat ini.

Air Terjun Napua

Image caption: @baliemfest2018

Terletak di Distrik Napua, air terjun ini berjarak sekitar 10 km dari Kota Wamena. Untuk sampai ke Air Terjun Nipua yang memukau ini, kamu bisa menempuh jalur darat menggunakan kendaraan bermotor selama 15 menit dilanjutkan dengan berjalan kaki selama lima menit.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.