Destinasi Indonesia Papua

Menikmati Eksotisme Danau Paniai, Danau Terindah di Dunia

Pinterest LinkedIn Tumblr

Danau Paniai, salah satu keindahan alam di Indonesia bagian timur yang akan membuat semua mata terkesima. Keindahan danau ini bukan hanya dikenal di nusantara saja, tapi juga di dunia. Terletak di Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai, danau ini dikelilingi oleh pengunungan di pedalaman Provinsi Papua.

Penemuan Danau Paniai

danau paniai
Image source: @like_papua

Awalnya danau ini dan dua danau didekatnya (Danau Tigi dan Danau Tage) dikenal dengan sebutan Danau Wissel. Nama tersebut diambil dari nama pilot Angkatan Laut Belanda, Frits Julius Wissel. Pada tanggat 31 Desember 1963, Wissel beserta awak kapalnya terbang melintasi danau-danau di sekitar pegunungan Papua sambil melakukan survey udara untuk perusahaan minyak Belanda – Papua.  Melalui foto-foto yang dia ambil di lokasi, Wissel memperhatikan bahwa ada banyak masyarakat lokal yang berada di danau-danau tersebut.

Image source: @hobiliburan.id

Penerbangan selanjutnya dilakukan oleh E.L.J Haak pada tanggal 15 Februari 1937. Saat itu diketahui ada banyak rumah tinggal di sekitar danau, menandakan bahwa masyarakat lokal memiliki kehidupan agrikultur yang makmur.  Di tahun yang sama pada bulan November, barulah pemerintah Hindia Belanda menamai kelompok danau tersebut dengan Danau Wissel (Wissel Meeren) dan membangun sebuat pos di sana pada tahun 1938. Namun pos tersebut berhenti beroperasi sejak Perang Dunia II kemudian nama Danau Wissel diganti menjadi Danau Paniai.

Keindahan Alam yang Memesona

Image source: @maga_pigai

Pesona alam di Danau Paniai pasti akan membuatmu takjub. Warna danau yang kebiruan dengan tebing-tebing disekitarnya serta kondisi alam yang sangat asri dan bukit-bukit hijau akan membuat kamu betah berlama-lama di sini. Selain keindahan alamnya yang memesona, kamu juga akan dibuat takjub dengan keragaman budaya masyarakat lokal sekitar danau. Karena ada beberapa suku berbeda yang mendiami danau tersebut, yaitu Suku Mee dan Suku Moni, tidak heran bila diversitas menjadi salah satu hal yang patut diselami saat mengunjungi danau ini.

Ekologi

Image source: @jejerd

Terdapat ragam jenis ikan air tawar di danau dengan luas 14.500 hektar ini. Kamu akan mudah menemukan belut, mujair, ikan nila, dan ikan sembilang. Kamu juga bisa menemukan udang air tawar yang hanya hidup di Papua, yaitu udang selingkuh. Danau Paniai juga memiliki spesies kadal endemik  yang hanya hidup di wilayah tersebut. Dinamai sesuai habitat hidupnya, kadal endemik ini disebut Emoia Paniai.

Danau Paling Indah di Dunia

Image source: @ifon_ww

Pada tanggal 30 November 2007, diadakan Konferensi Danau Sedunia ke-12 (12th World Lake Conference) di Jaipur, India. Konferensi yang dihadiri oleh 157 negara itu menetapkan Danau Paniai sebagai danau terindah di dunia dilihat dari eksotisme dan pesona alamnya.

Ingin melihat langsung eksotisme Danau Pania? Jangan ragu untuk liburan ke sini bila kamu memiliki waktu senggang. Aksesnya pun cukup mudah kok. Untuk sampai ke danau ini, kamu bisa melalui jalur udara dari Timika ke Bandara Pania atau melalui jalur darat dari Nabire.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.