Destinasi Indonesia Nusa Tenggara Timur

Menikmati Keindahan Wisata Sumba yang Sudah Mendunia

Pinterest LinkedIn Tumblr

Wisata Sumba yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur memanjakan wisatawan dengan keindahan alamnya. Ternyata ketenaran Pulau Sumba sudah sampai di telinga para artis Hollywood, seperti Jennifer Lawrence, Chris Hemsworth dan Christian Bale yang menghabiskan bulan madu mereka di tempat ini. Kalau penasaran dengan keindahannya, simak ulasan Holamigo tentang destinasi wisata di Sumba.

Desa Adat Ratenggaro

wisata Sumba
Instagram @paradisetripindonesia

Berada di salah satu objek wisata Sumba ini membuat para pengunjung serasa kembali ke 4.500 tahun yang lalu, ke zaman megalithikum. Mengapa? Karena di desa ini terdapat kubur batu tua. Kata Ratenggaro sendiri berasal dari kata “Rate” yang artinya kuburan dan “Garo” yang artinya orang-orang Garo. Menurut kisah, dahulu kala orang-orang yang tinggal di desa ini merebut wilayah ini dari orang-orang Garo. Di sini terdapat 304 kubur batu dan 3 dari kubur batu tersebut berada di pinggiran laut. Keunikan lain dari kampung ini adalah rumah adatnya atau Uma Kelada yang mempunyai ciri khas berupa menara yang menjulang dengan tinggi mencapai 15 m. Masyarakat di sini juga masih memegang teguh tradisi mereka yang bernama Marapu.

Danau Weekuri

pulau Sumba
Instagram @aryawiznu

Objek wisata di Provinsi Nusa Tenggara Timur ini kini ramai dikunjungi para wisatawan. Danau Weekuri memiliki air yang berwarna hijau ke biru-biruan. Keunikan danau ini adalah airnya yang campuran asin dan payau. Air danau ini asin karena danau ini aslinya adalah sebuah laguna. Danau ini terbentuk dari air lautan lepas yang berada dekat dengan danau. Keunikan lainnya adalah adanya beberapa titik sumber mata air sehingga warna air di danau ini bergradasi. Selain itu, air danau ini juga berasa dingin dan hangat. Danau ini juga airnya sangat jernih dan tidak terlalu dalam sehingga pengunjung bisa berenang atau bermain air.

Bukit Tenau

provinsi Nusa Tenggara Timur
Instagram @wahego

Pulau Sumba juga memiliki bukit yang indah seperti yang ada di pulau Lombok misalnya. Bukit Tenau adalah salah satu dari objek wisata Sumba yang menawarkan keindahan padang savana yang berupa bukit-bukit kecil. Bukit ini menjadi lokasi favorit orang-orang untuk berfoto karena pemandangannya yang sangat instagramable. Pengunjung bisa menikmati hembusan angin sepoi-sepoi sambil menatap padang rumput yang hijau.

Pantai Bwanna

wisata Sumba
Instagram @pesonaid_travel

Siapa yang suka surfing? Nah, kalau kamu suka surfing, jangan lupa mampir ke Pantai Bwanna yang juga disebut dengan nama Pantai Banna. Objek wisata Sumba ini masih alami belum ada pembangunan yang dilakukan di sini. Keindahan pantai ini terletak di pasir putihnya juga tebing kokoh yang mengelilinginya. Yang menjadi ikon dari pantai ini adalah bantu karang yang tinggi yang tengahnya bolong sehingga mirip cincin. Letaknya di pinggir pantai sehingga terlihat unik dan batu karang ini menjadi spot favorit untuk berfoto.

Kampung Adat Praijing

Instagram @tinus_ozhik

Selain Desa Adat Ratenggaro, Pulau Sumba juga memiliki kampung adat lain yang bernama Praijing. Kampung ini sudah dijadikan destinasi wisata yang dikembangkan oleh pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pesona kampung ini terletak di pesawahan yang terhampar luas juga keunikan rumah adatnya yang memiliki batu-batu megalitik. Rumah adat di kampung ini dibagi tiga, yaitu Lei Bangun untuk kolong rumah, Rongu Uma untuk tempat tinggal dan Uma Daluka untuk penyimpanan bahan makanan juga alat pusaka.

Baca juga:

Wisata Pantai di Banten yang Tak Kalah dari Bali dan Lombok

Journey Through The Wonderful Sumba

Berlibur ke objek wisata Sumba bisa menjadi pilihan untuk rencana libura akhir tahun ini. Pulau Sumba yang termasuk ke dalam Provinsi Nusa Tenggara Timur akan membuatmu terpukau dengan pesona keindahannya.

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.