Internasional Seni dan Budaya

Menilik Tokyo Camii, Masjid Terbesar di Jepang

Pinterest LinkedIn Tumblr

Umat Muslim yang bermukim di Jepang bisa dibilang tergolong minoritas. Pada tahun 2018, jumlah umat Muslim di Jepang berjumlah sekitar 160.000 jiwa. Meski tergolong minoritas, namun dengan jumlah sebanyak itu, mendorong penduduknya untuk membangun masjid sebagai sarana peribadatan.

Salah satu masjid yang terkenal di Jepang adalah Tōkyō-jāmii (東京ジャーミイ) atau lebih dikenal dengan Tokyo Camii. Masjid ini berada di kawasan Shibuya, Tokyo, tepatnya di distrik Oyama-cho.

Masjid Terbesar di Jepang

Tokyo Camii masjid terbesar di jepang
Image credit: instagram.com/tsumizo

Tokyo Camii merupakan masjid terbesar yang ada di Jepang. Dari luar kita bisa melihat bangunan masjid ini dipengaruhi oleh arsitektur Turki dengan fasad dan kubahnya yang khas.

Masjid Tokyo Camii berdiri di atas lahan seluas 1.477 meter persegi. Luas bagian masjidnya sendiri 734 meter persegi. Ketinggian masjid ini mencapai 23,25 meter dengan sebuah menara setinggi 41,48 meter.

Karena dibangun dengan arsitektur Turki, maka tak heran jika di bagian interior masjid pun kita akan menemukan banyak ornamen dengan gaya khas Ottoman. Seluruh bagian masjid didominasi dengan warna biru keabuan serta dekorasi kaligrafi dan geometri yang begitu detil.

Karpet biru terhampar pada bagian ruangan utama masjid. Pada ruangan ibadah ini dilengkapi dengan lampu chandelier yang temaram. Di sebelah mihrab terdapat sebuah mimbar berwarna putih yang dihiasi ragam ukiran khas Turki.

Didirikan oleh Bangsa Turki Asal Rusia

Tokyo Camii masjid terbesar di jepang
Masjid terbesar di Jepang | Image credit: Guilhem Vellut (flickr.com)

Tokyo Camii didirikan pada 12 Mei 1938 oleh para imigran Bashkir, suku dari Turki yang tinggal di kawasan pegunungan Ural, Rusia. Mereka adalah imigran yang pindah pada masa revolusi Rusia dan membentuk kelompok di Jepang.

Pembangunan masjid ini didorong dengan peningkatan populasi umat Muslim yang berada di Tokyo. Pembangunan masjid pun disusul di kota-kota lain seperti Masjid Nagoya dan Masjid Kobe pada tahun 1930-an. Penamaan Masjid Tokyo Camii sendiri baru diresmikan pada tanggal 30 Juni 2020.

Seiring berjalannya waktu, Tokyo Camii tidak hanya digunakan sebagai tempat ibadah saja. Selain itu, masjid ini pun dilengkapi sarana untuk acara-acara lain seperti pameran, konferensi, pernikahan, pertunjukan, hingga sarana wisata religi di Tokyo.

Baca juga 7 Fakta Menarik Seputar Masjid Istiqlal

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.