Kuliner

Menjalankan Prapaskah, Ini Makanan yang Sebaiknya Kamu Konsumsi!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Kalau kamu penganut Katolik atau bagian dari keluarga Katolik, kamu mungkin menyadari bahwa aturan makan berbeda di masa Prapaskah. Berlangsung selama 40 hari sejak Ash Wednesday atau Rabu Abu, ini adalah masa di mana umat Katolik menjalankan puasa, meningkatkan ibadah, dan melakukan kontemplasi. Aktivitas keagamaan ini dijalankan selama 40 hari hingga perayaan Paskah. Ini juga merepresentasikan saat Yesus berdiam di padang pasir, berdoa, dan melawan godaan setan.

Baca Juga:

Katolik modern menjalankan Rabu Abu bukan hanya dengan berpuasa, tapi tidak melakukan sesuatu yang mereka senangi. Selain itu, mereka juga menghadiri misa dan tidak memakan makanan yang dipantang selama menjalankan puasa ini.

Makanan yang Tak Dipantang Saat Prapaskah

makanan yang boleh dikonsumsi saat prapaskah atau rabu abu
source: instagram.com/neptune_bysako

Umat Katolik biasa berpuasa pada Rabu Abu dan Jum’at Agung, artinya mereka makan lebih sedikit dari biasanya. Kebanyakan orang dewasa berhenti ngemil dan umumnya hanya makan satu kali makan utama dan dua kali makan dengan porsi yan lebih sedikit di siang hari. Selain itu, pada hari Rabu Abu, Jum’at Agung, dan semua hari Jum’at selama asa Prapaskah, umat Katolik di atas usia 14 tahun tidak diperbolehkan untuk makan daging, seperti daging domba, ayam, sapi, babi, ham, rusa, dan kebanyakan jenis daging lainnya. Selain daging, mereka juga dilarang untuk mengonsumsi manisan, garam, dan gula. Mereka juga tidak dianjurkan untuk merokok. Akan tetapi, mereka diperbolehkan untuk makan telur, susu, ikan, biji-bijian, buah-buahan dan sayuran.

Selain makanan di atas, tak jarang umat Katolik tidak melakukan sesuatu yang disukai saat menjalankan Prapaskah. Misalnya, bagi yang suka nonton TV, mereka akan meninggalkan kebiasaan ini. Bila mereka menyukai cokelat, meskipun tidak dipantang, mereka tidak akan memakannya selama 40 hari hingga Paskah tiba.

Di Indonesia sendiri, menu yang disantap saat Prapaskah biasanya tempe, sayur lodeh, teri, dan makanan khas nusantara lain yang tak mengandung daging. Bagi penyuka daging, mungkin pantangan saat Prapaskah akan terasa berat. Tetapi, tetap semangat ya untuk menjalankan puasanya!

Oh ya, tidak semua umat Katolik diwajibkan untuk menjalankan puasa saat Prapaskah. Ibu hamil, lansia, anak-anak di bawah usia 14 tahun, dan orang sakit tidak diwajibkan menjalankan aktivitas keagamaan ini.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.