Kesehatan

Minuman Boba “Less Sugar” Tidak Jamin Rendah Gula Sesuai Kebutuhan

Pinterest LinkedIn Tumblr

Sejak tahun lalu, minuman boba khas Taiwan ini menjadi primadonna di kalangan masyarakat. Bahkan kini kopi susu gula aren pun ikut-ikutan menjadi minuman segar yang diburu orang-orang. Eksistensinya pun sudah bisa menyaingi minuman boba. Kedua minuman segar ini memang tidak dimungkiri menjadi mood booster sejati kala suntuk karena pekerjaan di kantor atau yang sedang work from home (WFH).

Hanya saja, tidak sedikit orang yang khawatir akan asupan gula hariannya. Kemudian memutuskan untuk membeli minuman boba dengan catatan “less sugar”. Walau mungkin dirasa lebih aman daripada memesan takaran gula normal. Tapi hal itu tidak menjamin jatah kebutuhan gula harian kamu tidak berlebihan juga. Bukan lagi rahasia jika kelebihan gula bisa mengganggu kesehatan kamu seperti obesitas, kolesterol, diabetes, bahkan hingga penyakit jantung mengintai.

Minuman Boba Memiliki Kadar Gula Tinggi

Minuman “Less Sugar” Tidak Jamin Rendah Gula Sesuai Kebutuhan
doc. Frank Zhang

Jika menyimak Moch Aldis Rusliadi – Certified Nutrition and Wellness Consultant Nutrifood menyatakan bahwa, satu gelas minuman boba mengandung 3 sendok makan gula. Padahal, jika dijabarkan, kebutuhan gula seseorang dalam satu hari maksimal 50 gram atau setara 5 sendok makan. Maka jika kamu mengonsumsi satu gelas boba, maka sisa kamu untuk mengonsumsi gula harian hanya 2sdm saja. Kandungan gula ini pun belum dihitung dari kamu yang mengonsumsi nasi sebagai kebutuhan karbohidrat kamu.

Less Sugar Bukan Berarti Rendah Gula Sesuai Takaran Anjuran Per Hari

Minuman “Less Sugar” Tidak Jamin Rendah Gula Sesuai Kebutuhan
NeONBRAND

Walaupun kamu sudah memesan minuman boba dengan request less sugar, hal tersebut tidak menjamin. Pasalnya, permintaan less sugar tersebut masih tinggi gula. Jika kamu memesan minuman boba pada satu outlet dan meminta less sugar, maka takaran tersebut bisa saja tidak benar-benar kurang. Melainkan kadar gulanya lebih rendah dari produk kompetitor.

Maka, bisa dibilang, permintaan less sugar diartikan menjadi pemberian gula pada minuman lebih rendah daripada dengan jumlah gula standar dari gerai minuman tersebut. Bukan rendah gula berdasarkan jumlah kebutuhan gula harian. Akan lebih mudah bagi kamu untuk mengetahui standar gula yang digunakan jika kamu sendiri yang menanyakan takaran sendok gula yang digunakan mereka. Kamu juga bisa minta sendiri berapa sendok gula untuk minuman kamu.

Jika permintaan kamu tidak bisa dilakukan oleh gerai minuman tersebut. Maka yang bisa kamu lakukan adalah dengan meminum minuman kamu setengah gelas saja. Sebenarnya mengatur asupan gula dari minuman pesanan seperti ini jauh lebih mudah daripada mengatur gula dari minuman kemasan. Karena jika kamu mengonsumsi minuman kemasan, kamu benar-benar menghitungnya dari tabel informasi gizi.  

Lalu Bagaimana dengan Minuman Berlabel Zero Sugar?

Minuman “Less Sugar” Tidak Jamin Rendah Gula Sesuai Kebutuhan
doc. Brett Jordan

Saat kamu melihat minuman berlabel zero sugar, bisa jadi memang tidak ada gula di dalam minuman tersebut. Namun jika kamu tetap masih bisa merasakan manis di dalam minuman kemasan tersebut, bisa dikatakan jika minuman tersebut memakai pemanis jenis lain.

Bisa juga dikatakan jika minuman tersebut menggunakan sukrosa. Jika minuman zero sugar tidak ada sukrosa dan diganti dengan gula lainnya, kamu pun tetap harus lihat kalorinya, apakah rendah atau malah tinggi. Jadi, walaupun ada klaim zero sugar, belum tentu kamu tetap aman mengonsumsi minuman kemasan dengan pemanis alternatif. Tetap harus waspada dengan segala pemanis dengan mencari tahu lebih banyak dan teliti melihat kalori yang ada di dalam minuman tersebut.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.