Informasi

Misteri Ikan Nike Gorontalo Yang Terlahir Dari Darah

Pinterest LinkedIn Tumblr

Kamu mungkin pernah merasakan nikmatnya ikan nilem atau ikan nila bakar. Tapi mungkin belum banyak orang yang mengetahui tentang ikan nike. Tapi masyarakat Gorontalo sering berburu ikan unik ini. Ikan yang juga di sebut Duwo ini sering ditangkap dan dijadikan penganan khas Gorontalo.

Awalnya masyarakat Gorontalo masih berselimut misteri mengenai ikan nike ini. Pasalnya ikan yang banyak ditemukan di Sungai Bone-Bolango ini awalnya terlihat seperti gumpalan darah. Saat pertama kali melihatnya, kamu juga pasti akan menganggap kumpulan ikan nike ini seperti gumpalan darah sebesar buah kelapa.

Gumpalan darah tersebut akan terbawa hanyut hingga menuju muara sungai. Setelah mencapai laut, gumpalan tersebut akan pecah dan mulai terlihat hewan yang mirip ulat kecil. Tapi apakah ikan nike ini memang berasal dari gumpalan darah?

Ternyata warna merah darah yang banyak dilihat adalah organ dalam ikan Duwo. Ikan ini hidup bergerombol sehingga terlihat mirip gumpalan darah. Tapi karena kondisi salinitas yang berbeda, kumpulan telur ikan ini pecah saat masuk ke perairan asin dan berubah menjadi prolarva.

BACA JUGA:

Ikan Nike jadi bagian dari kekayaan intelektual komunal Gorontalo

wisata kuliner ikan nike
Ikan duwo diakui sebagai ciri khas Gorontalo-gorontaloprov.go.id

Tak disangka, ternyata kehadiran ikan yang bernama latin Awaous Melanocephalus ini telah diakui sebagai ciri khas Gorontalo. Karena itulah ikan ini masuk ke dalam Hak Kekayaan Intelektual Komunal Gorontalo.

Rusli Habibie, Gubernur Gorontalo, mengungkapkan bahwa ikan yang mirip teri ini hanya muncul di perairan wilayahnya. Walau ikan ini bisa ditemukan di perairan wilayah lain, tapi hanya di Gorontalo ikan nike yang bermigrasi dari laut menuju perairan air tawar.

Ikan yang biasanya dipanen 3 bulan sekali ini sering menjadi incaran warga setempat. Bahkan saat ikan nike tidak muncul selama enam bulan, para nelayan mengadakan ritual dayango agar ikan-ikan ini bisa muncul kembali.

Karena itu, budaya menangkap iken nike ini bisa menjadi salah satu potensi wisata yang menarik bagi para wisatawan. Kamu juga pastinya tertarik untuk melihat langsung saat gumpalan darah ini berubah menjadi sosok ikan kecil bukan.

Mario
Author

Makhluk penasaran yang suka belajar tentang content marketing, tapi lebih hobi baca novel, manga, main game, gebukin samsak.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.