Seni dan Budaya

Museum di Eropa Mendokumentasi Wabah Corona Untuk Masa Depan

Pinterest LinkedIn Tumblr

Kini wabah virus corona (COVID-19) merupakan pandemi yang menjadi krisis kesehatan bagi banyak negara di dunia. Dalam sejarah pun, telah terjadi beberapa kali wabah yang mengancam banyak warga dunia. Sejumlah museum di Eropa pun membaca wabah yang kini kita alami sebagai sebuah sejarah bagi masa depan.

Dari pembacaan tersebut, para peneliti dan kurator dari berbagai museum di Eropa tetap bergerak di tengah pandemi ini untuk mengumpulkan dokumentasi, arsip, dan survei lapangan sebagai artefak yang akan disiapkan bagi pameran museumnya di masa yang akan datang.

Mengabadikan Momen Selama Pandemi

Museum Corona
Museum Nasional Finlandia, salah satu museum yang merespon wabah corona | Image credit: museot.fi

Beberapa museum yang melakukan kajian ini di antaranya Museum Nasional Finlandia, Museum Nasional Denmark, dan Museum Vesthimmerlands Denmark. Para peneliti dari museum mengabadikan melalui foto tentang berbagai momen di tengah wabah COVID-19. Seperti gerakan physical distancing, tempat-tempat publik yang kosong, dan karantina di rumah.

Selain merekam melalui foto, Museum Nasional Finlandia pun mengadakan wawancara dengan masyarakat melalui telepon atau video call. Museum pun meminta masyarakat yang menjadi partisipan untuk mendokumentasikan situasi karantina mereka dalam bentuk foto dan video.

Rencana Pembuatan Pameran di Masa Depan

Museum Corona
Museum Nasional Denmark, salah satu museum yang menyiapkan pameran corona | Image credit: Jacob Wang (flickr.com)

Sementara itu, Museum Nasional Denmark membagikan kuisioner kepada warga mengenai cara mereka bertahan hidup menghadapi pandemi ini. Kuisioner tersebut dibagikan secara online dan dijadikan artefak dalam bentuk digital.

Dilansir dari The New York Times, menurut kepala peneliti di bagian Departemen Sejarah Modern, Christian Sune Pedersen, seluruh hasil penelitian dan artefak yang dikumpulkan akan dibuatkan menjadi pameran khusus mengenai wabah virus corona. Pameran tersebut kemungkinan akan dibuat secara permanen di museum.

Mengenai waktu pembukaan pameran tersebut masih belum ditentukan, karena saat ini tim museum masih fokus mendokumentasikan hal-hal yang sedang terjadi hari ini dan menjadi rencana jangka panjang museum untuk di waktu yang akan datang.

Ide museum-museum tersebut pun dapat menjadi inspirasi kita untuk mengabadikan momen pandemi ini. Kita bisa mencatat hal-hal yang kita lakukan selama karantina atau suasana lingkungan sekitar ketika lockdown. Catatan tersebut dapat menjadi nilai berharga di masa yang akan datang ketika kita telah melewati masa pandemi ini.

Baca juga Mau Lihat Isi Museum Nasional dari Rumah? Lewat Virtual Tour Aja!

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.