Destinasi

Museum Gempa Sarwidi, Tempat Menarik Belajar Fenomena Bumi

Pinterest LinkedIn Tumblr

Pada tanggal 27 Mei 2006, wilayah Yogyakarta dan sekitarnya dilanda gempa yang memakan banyak korban jiwa. Kerusakan yang diakibatkan gempa tersebut pun tidaklah sedikit. Musibah tersebut merupakan salah satu kejadian gempa yang pernah melanda wilayah Indonesia.

Negara kita merupakan kawasan yang rawan terjadi gempa karena wilayah Indonesia diapit oleh tiga lempeng serta memiliki banyak sesar atau patahan gempa. Maka pengetahuan mengenai mitigasi bencana pun perlu kita miliki.

Museum Gempa Sarwidi merupakan salah satu tempat menarik untuk mempejalari fenomena bumi ini. Letak museum ini berada di kawasan Wisata Kaliurang, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Museum ini diprakarsai oleh Prof. Dr. Sarwidi, salah satu profesor senior asal Dusun Kaliurang yang menjadi pakar teknologi rekayasa bangunan tahan gempa di Indonesia. Museum gempa Sarwidi sendiri menempati rumah sederhana tahan gempa “Barratagana”, yang berarti Bangunan Rumah Rakyat Tahan Gempa.

Untuk memasuki museum ini kita tidak dikenakan biaya sepeser pun, alias gratis. Di dalamnya terdapat koleksi miniatur Bangunan Rumah Rakyat Tahan Gempa (Barratagana) yang merupakan rancangan Prof. Dr. Sarwidi.

Mengenal Bangunan Rumah Rakyat Tahan Gempa 

Museum Gempa Sarwidi
Image credit: instagram.com/museum_gempa_sarwidi

Pada bagian ruangan depan terdapat miniatur rumah dengan simulasi gempa. Instalasi rumah kecil ini bersifat interaktif, sehingga para pengunjung yang datang ke museum ini dapat memahami informasi mengenai efek yang terjadi pada bangunan jika gempa terjadi.

Selain miniatur rumah-rumah tahan gempa, di museum ini pun ditampilkan struktur Bangunan Rumah Rakyat Tahan Gempa (Barratagana) yang tidak akan membuat kerusakan pada bangunan jika sewaktu-waktu terjadi gempa.

Museum Gempa Sarwidi
Image credit: instagram.com/andromedaelcy

Di Museum Gempa Sarwidi, kita pun bisa menoton sebuah video dokumenter yang memberikan pengetahuan mengenai gempa. Dalam video tersebut terdapat gambaran kondisi bumi, jenis-jenis gempa, dan informasi mengenai mitigasi bencana.

Jika kita ingin menggali pengetahuan lebih mendalam seputar gempa bumi, kita bisa membaca infografis yang tersaji pada panel di salah satu sudut ruangan. Di museum ini pun dijual sebuah buku berjudul Pengetahuan Dasar Kebencanaan dan Kegempaan yang ditulis oleh Prof. Dr. Sarwidi. 

Baca juga Lagi Di Rumah Aja? Yuk Intip Virtual Tour 6 Museum Di Indonesia!

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.