Seni dan Budaya

Museum Kebudayaan Tanah, Sajian Menarik di Balik Industri Genteng Majalengka

Pinterest LinkedIn Tumblr

Jatiwangi merupakan kecamatan di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, yang menjadi salah satu penghasil genteng dan telah berkembang sejak puluhan tahun silam. Perekonomian masyarakat Jatiwangi pun tumbuh dari penjualan genteng-genteng yang dibuat oleh para pengrajin daerah ini.

Pada September 2018, diresmikan sebuah museum bernama Museum Kebudayaan Tanah di Desa Jatisura, Kecamatan Jatiwangi, Majalengka. Museum ini menjadi tempat untuk melestarikan kebudayaan setempat yang berkaitan dengan tanah, sekaligus meningkatkan ekonomi kreatif dan pariwisata Majalengka.

Dari Genteng Majalengka Hingga Karya Seni

Museum Kebudayaan Tanah Majalengka
Image credit: Jatiwangi Art Factory

Bangunan museum ini dibuat menggunakan bata-bata merah tanpa lapisan semen yang dirancang secara menarik. Begitu pun dengan bagian dalam museum, bata merry pada dindingnya dibiarkan terekspos dan sebagian ada yang dilapisi cat putih.

Di dalam Museum Kebudayaan Tanah, terdapat berbagai karya yang terbuat dari bahan dasar tanah untuk membuat genteng. Karya-karya yang ditampilkan berupa karya relief, instalasi, hingga karya interaktif berupa alat musik yang terbuat dari genteng.

Di sini pun, kita bisa mengenal sejarah mengenai pembuatan genteng dan pabrik-pabrik yang memproduksinya. Kita juga bisa mengetahui berbagai jenis dan merk genteng, serta beragam informasi menarik mengenai genteng yang diproduksi oleh masyarakat Majalengka.

Ekosistem yang Dibentuk Jatiwangi Art Factory

Museum Kebudayaan Tanah Majalengka
Image credit: Jatiwangi Art Factory

Museum Kebudayaan Tanah sudah dirintis sejak tahun 2017 oleh Jatiwangi Art Factory. Organisasi ini merupakan kelompok yang fokus membangun ekosistem dan kajian kebudayaan di wilayah Jatiwangi dengan melibatkan para praktisi seni kontemporer dari dalam dan luar negeri.

Didirikan sejak tahun 2005, Jatiwangi Art Factory telah menggelar berbagai perhelatan di bidang seni rupa, musik, film, dan pertunjukan di kawasan Jatiwangi. Kelompok ini pun membuka program residensi bagi para praktisi kebudayaan yang ingin bermukin untuk mempelajari lingkungan Jatiwangi dan sekitar Majalengka.

Jatiwangi Art Factory mendirikan Museum Kebudayaan Tanah sebagai tempat untuk menyimpan kenang-kenangan masa lalu mengenai kebudayaan di kawasan Majalengka ini, juga membuat kenang-kenangan untuk masa depan. Keterlibatan masyarakat Jatiwangi merupakan nafas bagi perkembangan museum ini.

Penasaran dengan keseluruhan isi Museum Kebudayaan Tanah di Jatiwangi ini? Yuk langsung berangkat ke Jalan Makmur No. 604, Desa Jatisura, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka!

Baca juga 4 Destinasi Wisata Majalengka Yang Menawarkan Keindahan Alam

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.