Seni dan Budaya

Ngayah, Tradisi Gotong Royong di Bali

Pinterest LinkedIn Tumblr

Di tengah arus moderinisasi yang begitu cepat, Bali menjadi salah satu daerah di Indonesia yang masih memegang teguh adat istiadatnya. Mulai dari tarian, musik, hingga kegiatan sehari-hari, masyarakat Bali mengikuti pola tradisi yang diwarisi dari generasi ke generasi. Salah satu tradisi yang diterapkan dalam keseharian masyarakat Bali adalah ngayah. Tradisi ini merupakan nilai gotong royong yang dibangun oleh berbagai latar belakang agama, budaya, dan mata pencaharian.

Melakukan Kegiatan Bersama dengan Keikhlasan

Ngayah
Image credit: alain01789 (flickr.com)

Secara harfiah, ngayah berarti melakukan pekerjaan tanpa mendapatkan upah atau timbal balik berupa materil. Dalam penerapan konsep ngayah, masyarakat Bali melakukan kegiatan secara bersama-sama dengan penuh keikhlasan guna membangun rasa persaudaraan dan toleransi.

Cakupan masyarakat untuk melakukan ngayah lebih luas. Konsep ini pun ditujukan untuk kegiatan yang memiliki hubungan vertikal dengan Sang Pencipta. Maka biasanya kegiatan gotong royong ini dilakukan di tempat suci, seperti Pura.

Tiga Jenis Ngayah di Bali

Ada tiga jenis ngayah yang dilakukan dalam keharian masyarakat Bali. Yang pertama berkaitan dengan loyalitas dan dedikasi. Konsep ini membangun kesetiaan seseorang terhadap hal fisik dan non-fisik, seperti pikiran dan perhatian.

Jenis kedua adalah ngayah yang berhubungan dengan sosiokultural. Kegiatan ini berhubungan dengan kebudayaan yang berkembang di masyarakat, seperti berbagai upacara tradisional.

Dan yang terakhir adalah ngayah yang berhubungan dengan religi. Konsep ini didasari kesamaan agama dan membangun semangat gotong royong untuk memelihara hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan keagamaan.

Kegiatan yang Menerapkan Konsep Gotong Royong

Ngayah
Image credit: denisbin (flickr.com)

Banyak kegiatan yang dilakukan dengan konsep gotong royong ini. Seperti pembangunan jalan, pemeliharaan tempat ibadah, hingga bantuan jika terjadi bencana alam. Yang terpenting dari tradisi ini adalah menerapan hidup gotong royong dengan penuh keikhlasan, serta memperkuat nilai toleransi antar umat beragama.

Dari tradisi ini, kita belajar untuk menerapkan gotong royong dalam kehidupan sehari-hari. Di antaranya kita bisa memberikan bantuan kepada tetangga yang membutuhkan, melakukan pekerjaan domestik di dalam rumah bersama anggota keluarga lain, dan masih banyak lagi.

Baca juga Yuk Kenali Alat Musik Tradisional Sumatera Barat!

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.