Asal-usul

Objek Misterius Ditemukan di Dekat Stonehenge

Pinterest LinkedIn Tumblr

Stonehenge, sebuah monumen yang terdiri dari susunan batu besar di Wiltshire, Inggris, merupakan salah satu warisan dunia yang diperkirakan berasal dari zaman Perunggu dan Neolitikum.

Situs ini terdiri atas beberapa tahap pembangunan dengan susunan yang melingkar. Susunan yang melingkar ini memiliki diamter sekitar 115 meter. Penelitian mengenai Stonehenge telah berlangsung sejak tahun 1740 oleh William Stukeley.

Banyak analisa lintas disiplin keilmuan yang membantu memahami misteri batuan Stonehenge ini. Mulai dari bagaimana orang prasejarah membentuk batu-batu, hingga bagaimana cara mereka menyusun dan mengangkut batu dengan menggunakan teknologi yang sangat sederhana.

Objek Baru dari Masa Prasejarah

Stonehenge
Image credit: Herry Lawford (flickr.com)

Baru-baru ini, para arkeolog yang berkerja di di Durrington, Inggris, menemukan beberapa objek baru yang diperkirakan berasal dari masa prasejarah. Objek tersebut berlokasi tidak jauh dari situs Stonehenge.

Sedikitnya 20 objek ditemukan pada situs baru ini. Diameternya sepanjang 10 meter, dengan kedalaman 5 meter di bawah tanah. Beberapa ahli arkeologi memperkirakan bahwa monumen misterius ini membentuk sebuah susunan melingkar yang luasnya mencapai 2 kilometer.

Jarak dari temuan misterius ini hanya sekitar 2 kilometer dari tempat Stonehenge berdiri. Maka muncul dugaan bahwa objek ini pun merupakan area sakral yang memiliki hubungan dengan situs di dekatnya.

Memperkirakan Hubungan dengan Stonehenge

Stonehenge
Image credit: mari (flickr.com)

Usia objek misterius ini diperkirakan lebih dari 4.500 tahun, yakni pada zaman Neolitik. Para peneliti pun menemukan bukti bahwa struktur monumen ini dipelihara pada zaman Perunggu Pertengahan. Penelitian tersebut memperkaya hubungan sejarah dan informasi mengembangan struktur monumental yang ada di Stonehenge secara keseluruhan.

Para peneliti pun memiliki spekulasi bahwa lubang-lubang di situs tersebut dahulu memiliki fungsi ritual dan mungkin memiliki siklus kosmologis. Namun untuk mengungkapkan kemungkinan-kemungkinan itu tentu saja masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

Dari objek misterius yang baru ditemukan ini, terdapat satu catatan besar dalam dunia arkeologi dan sejarah, bahwa ada banyak rahasia dari situs Stonehenge yang masih belum terungkap ke permukaan. Seperti mengapa, bagaimana, kapan, dan untuk apa situs tersebut dahulu dibangun oleh masyarakat yang hidup di masa prasejarah.

Baca juga Kenapa Pasir Pink Beach Bisa Berwarna Merah Muda?

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.