Kuliner

Oden, Hidangan Khas Musim Dingin Di Jepang

Pinterest LinkedIn Tumblr

Oden adalah hidangan hot pot populer yang sering dikonsumsi di musim dingin di Jepang. Tergantung daerahnya, kadang-kadang bahannya ditusuk dan dididihkan dalam kaldu dan kemudian dimakan hampir seperti Yakitori (daging panggang yang disajikan dengan ditusuk).

Kaldu hangat ini biasanya berisi lobak daikon, konnyaku (gelatin ubi), kue ikan, kentang, tahu goreng, sayuran dan telur rebus. Resep Oden dapat bervariasi tergantung pada daerah dan resep yang diwariskan pada sebuah keluarga.

Untuk mempersiapkannya, hidangan hot pot perlu dididihkan 2 sampai 4 jam agar kaldu terserap pada bahan-bahan yang dimasukkan. Oleh karena itu, oden dapat ditemukan di bawah kategori   nimono (hidangan yang direbus) atau nabe (hidangan hot pot) di menu restoran.

Variasi dasar hidangan Oden

kuliner jepang
Daikon, salah satu menu Oden yang wajib dicoba-odigonet

Di Tokyo dan sebagian besar wilayah kanto, kaldu sup untuk oden dibuat dengan rebusan rumput laut kering atau kombu dan katsuo kering dalam panci besar berisi air panas. Awalnya Oden Tokyo tidak dihidangkan bersama daging.

Dengan pasokan ikan segar tanpa batas dari pasar Tsukiji, oden kini telah berevolusi menjadi hidangan dengan spesialisasi makanan laut yang berbeda. Menu ini banyak ditemukan di restoran dan izakaya (kedai makanan kecil) di sekitar pasar Tsukiji.

ARTIKEL LAINNYA:

Di prefektur Aomori, jahe parut dicampur dengan saus miso dan dituangkan di atas oden sebelum disajikan. Resep ini biasa digunakan oleh warung oden pinggir jalan atau yatai. Di Shizuoka, kaldu sup dibumbui dengan kecap hitam. Terkadang tendon sapi, ayam, kurohanpen (kue ikan yang terbuat dari ikan sarden dan makarel) dan kentang juga sering digunakan dalam hidangan oden.

Jika kamu berkunjung ke Aoba Oden Street, jalan yang dipenuhi dengan restoran oden, menawarkan hidangan oden khas Shizuoka. Di Okinawa, oden dihidangkan dengan kaki babi yang direbus dalam kaldu berbahan dasar daging babi.

1 2
Mario
Author

Makhluk penasaran yang suka belajar tentang content marketing, tapi lebih hobi baca novel, manga, main game, gebukin samsak.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.