Seni

Pameran #KilasBalik Selasar Sunaryo Ditampilkan Secara Daring

Pinterest LinkedIn Tumblr

Sejak tahun 1998, Selasar Sunaryo Art Space (SSAS) menjadi ruang bagi praktik berkesenian di kota Bandung. Tempat yang didirikan oleh seniman legendaris, Sunaryo, ini secara konsisten menyelenggarakan berbagai kegiatan dan edukasi publik dalam ranah seni rupa kontemporer serta disiplin seni lain seperti desain, kriya, sastra, arsitektur, dan lainnya.

Kegiatan yang diselenggarakan antara lain pameran, diskusi, lokakarya, dan residensi. Selama lebih dari dua dekade ini, Selasar Sunaryo Art Space telah menampilkan berbagai karya dari para seniman dari dalam dan luar negeri.

Diakses dengan Fitur IGTV

Selasar Sunaryo
Image source: @selasarsunaryo

Pada 18 April 2020, Selasar Sunaryo Art Space menyajikan sebuah pameran bertajuk #KilasBalik. Pameran ini tidak diselenggarakan secara fisik di ruang galeri seperti pameran yang biasa dilakukan di art space ini, melainkan disajikan secara daring melalui Sorotan (Highlight) dalam akun @selasarsunaryo di Instagram.

Pameran #KilasBalik menampilkan karya-karya koleksi Selasar Sunaryo Art Space dari para seniman yang pernah berpameran di galeri ini selama sepuluh tahun terakhir. Seniman yang terlibat dalam pameran ini berasal dari berbagai generasi. Di antaranya ada beberapa seniman senior seperti Amrizal Salayan, Diyanto, dan Isa Perkasa. Ada pula seniman generasi muda seperti Muhammad Akbar, Sekarputri Sidhiawati, Wiyoga Muhardanto, serta kelompok kolektif Tromarama.

Setiap karya dari seniman tersebut yang pernah dipamerkan di ruang seni ini, ditampilkan sebagai video melalui fitur IGTV pada Instagram. Pada setiap videonya, terdapat pengantar singkat mengenai karya.

Selain seniman-seniman reprentasi dari pameran ini yang telah disebutkan di atas, seniman lain yang pernah berpameran di Selasar Sunaryo Art Space pun dapat secara mandiri mengunggah karya dengan menandai akun @selasarsunaryo dan menggunakan tagar #kilasbalik.

Arsip-Arsip yang Dikelola oleh Divisi Dokumentasi

Selasar Sunaryo
Image source: @selasarsunaryo

Gagasan mengenai pameran #kilasbalik ini adalah untuk menyebarluaskan pengetahuan yang tersimpan dalam arsip yang dikelola oleh Divisi Dokumentasi. Divisi ini turut membawahi Pustaka Selasar, yakni salah satu fasilitas di Selasar Sunaryo Art Space berupa perpustakaan.

Di Pustaka Selasar, terdapat arsip katalog-katalog pameran yang pernah diselenggarakan di galeri ini. Perpustakaan ini pun menyimpan katalog-katalog pameran dari berbagai pameran di ruang seni lain.

Baca juga Immersive Van Gogh Gelar Pameran Drive-In Pertama Di Dunia

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.