Sumatera

Pantai Iboih, Surga Bawah Laut Untuk Para Backpacker

Pinterest LinkedIn Tumblr

Sabang ternyata memiliki beragam pesona wisata  yang bisa dinikmati wisatawan. Salah satunya adalah pantai Iboih yang spot menarik bagi Anda yang hobi menyelam atau snorkeling. Karena inilah, banyak wisatawan mancanegara yang datang berkunjung ke lokasi wisata Sabang di pulau Weh ini.

Pantai yang memiliki nama asli Teupin Layeu ini merupakan tempat wisata Sabang yang berlokasi di sebelah barat Pulau Weh, Aceh Utara. Pantai Iboih menyajikan keindahan alam yang mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya.

Surga yang kecil dan tersembunyi ini awalnya merupakan pelabuhan untuk para pengunjung yang akan pergi ke pulau Rubiah. Namun perlahan para wisatawan mulai menyadari keindahan alam yang dimiliki pantai Iboih sebagai salah satu tempat wisata Sabang.

wisata di sabang
Image by flickr.com/Rizky Adriansyah

Pesona Alam Pantai Iboih

Siapa yang tidak tergoda untuk bersantai di pantainya yang indah dengan laut yang berwarna biru kehijauan, ditambah dengan hamparan hijau dari hutan yang bersembunyi dibalik pasir putih pantai Iboih ini.

Namun harta karun yang sebenarnya dari pantai ini justru bersembunyi dibalik deburan ombak. Air laut yang jernih sedikit menampakkan keindahan dari ikan yang beraneka ragam, terumbu karang yang eksotis, hingga gunung berapi yang bersembunyi dibalik gelombang pasang yang tenang.

Namun pantai Iboih tak hanya menawarkan keindahan dalam airnya saja. Para wisatawan juga bisa menikmati suasana di sepanjang garis pantai sambil menanti terbit dan tenggelamnya sang mentari. Batu-batu besar yang bertebaran di sepanjang pantai juga bisa menjadi area yang menyenangkan untuk dijelajahi.

Air laut dangkal yang begitu jernih sehingga Anda bisa melihat dasar lautan, menampakkan rona hijau kebiruan yang memancarkan perasaan damai dan santai. Pantai yang tampak melengkung, menyerupai bibir, seperti tersenyum menyambut para turis yang turut menikmati keindahan alam pantai Iboih.

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Hutannya juga menawarkan banyak hal untuk para wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata ini. Banyak sekali ragam flora dan fauna eksotis yang bisa ditemukan di hutan hujan tropis ini.

Hutan ini merupakan bagian dari cagar alam yang luas. Tapi hutan lindung ini mampu menjadi bagian dari suasana surgawi yang ditawarkan pantai Iboih. Anda dapat menjelajahi hutan yang memiliki pantai indah di dekatnya ini.

Ketika Anda ingin mendinginkan tubuh Anda setelah menjelajahi hutan, Anda bisa langsung menuju pantai dan berenang di antara ikan-ikan kecil dan karang berwarna-warni. Pohon-pohon hutan tropis juga memberi keteduhan untuk Anda yang ingin bersantai di tepi pantai.

Cara Mencapai Pantai Iboih

Bandara Banda Aceh adalah akses utama menuju pantai Iboih, yang berjarak sekitar 40 Km di sebelah selatan Provinsi Aceh. Waktu penerbangan dari Jakarta ke Bandara Banda Aceh memakan waktu sekitar 2 jam, 40 menit. Ada penerbangan harian ke Banda Aceh dari Jakarta dan Medan dengan Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, dan Lion Air.

Dari Banda Aceh, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke pelabuhan Ulue-lue untuk menyeberang ke Sabang. Anda bisa memilih menggunakan speedboat ataupun Ferry. Speedboat biasanya berangkat menuju pelabuhan Sabang dua kali sehari dan memakan waktu tempuh 45 menit. Sedangkan perjalanan dengan kapal Ferry akan memakan waktu 2 jam untuk mencapai Sabang.

Setibanya di pulau Weh, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan bemo selama 40 menit untuk mencapai lokasi pantai Iboih yang berbukit dan menawarkan keindahan alam yang luar biasa.

Mario
Author

Makhluk penasaran yang suka belajar tentang content marketing, tapi lebih hobi baca novel, manga, main game, gebukin samsak.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.