Bali

Pantai Lovina, Ini Yang Harus Anda Lakukan Saat Berkunjung kesini

Pinterest LinkedIn Tumblr

Tempat wisata Pantai Lovina mungkin belum terlalu dikenal luas. Namun ternyata banyak hal yang bisa Anda nikmati saat berwisata ke pantai yang berlokasi di sebelah barat laut pulau Bali. Jadi apa saja yang harus Anda lakukan disana?

Jalur pantai Lovina membentang dari 5 km barat kota Singaraja ke 15 km barat. Singaraja termasuk ke dalam wilayah administrasi Kabupaten Buleleng. Wilayah Lovina terdiri dari desa-desa kecil  seperti Anturan, Pemaron, Banyualit, Kalibukbuk, Temukus, Kaliasem dan Tukad Mungga.

Pantai Lovina memang mulai populer di kalangan wisatawan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Namun pantai yang namanya diambil dari rumah milik Pandji Tisna (Bupati Buleleng dan perintis pariwisata ke Bali pada awal 1950-an) ini masih jauh lebih tenang daripada tempat-tempat wisata lain di sisi selatan pulau Bali.

Pemerintah Kabupaten Buleleng juga baru-baru ini telah menjalankan program untuk membuat lokasi wisata ini bersih dari sampah plastik. Program ini dibuat berdasarkan prinsip tri hata karana yang menjadi simbol budaya Bali.

Pantai berpasir hitam Lovina cukup indah dan cocok untuk dijelajahi dengan berjalan kaki dengan santai. Laut di sini sangat tenang dan aman untuk berenang. Anda bisa menikmati pemandangan laut yang tenang sembari ditemani perahu berwarna-warni yang tersebar di sepanjang garis pantai.

Tempat wisata ini berjarak sekitar 80 Km dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Jadi tersedia  banyak pilihan transportasi untuk mencapai daerah ini. Layanan bus dari Sanur, Ubud, Padang Bai, Kuta, dan Candidasa, adalah pilihan transportasi yang harganya paling terjangkau. Anda juga dapat memilih untuk berkendara selama 3 jam dari Bali Selatan dengan kendaraan pribadi.

Jadi apa saja yang bisa Anda nikmati di pantai Lovina ini? Ini dia penjelasannya:

Nikmati pemandangan lumba-lumba

dolphin
flickr.com/Ivo Verhaar

Banyak yang mengungkapkan bahwa tidak akan ada Lovina tanpa kehadiran lumba-lumba. Para wisatawan bisa menikmati pemandangan lumba-lumba saat matahari terbit. Para nelayan biasanya mempersiapkan perahu cadik yang membawa para pengunjung lebih dekat dengan lumba-lumba.

Untuk bisa menaiki perahu ini, setiap wisatawan dikenai tarif antara Rp.200,000 hingga Rp. 250,000. Tapi Anda mungkin saja bisa mendapatkan harga yang lebih murah jika lebih banyak peserta yang naik ke perahu. Setiap perahu cadik ini dapat menampung hingga lima atau enam orang.

Berkunjung ke candi Brahmavihara Arama

candi arama
flickr.com/Gilbert Sopakuwa

Tempat wisata ini terletak di perbukitan Kabupaten Banjar, sekitar 10 Km dari Pantai Lovina. Dibuka pada tahun 1970, biara Budha terbesar di Bali ini memiliki banyak ruang meditasi, perpustakaan, dan replika candi Borobudur yang megah.

Lokasi ini banyak dikunjungi para peziarah pada hari Waisak. Untuk memasuki area wihara ini, para pengunjung harus mengenakan sarung dan selempang. Tapi Anda tidak perlu membawanya dari tempat lain karena Anda bisa menggunakan aksesoris pakaian yang sudah disediakan pihak pengelola candi secara gratis.

Bermain ke Tamblingan dan Buyan

danau tamblingan, Pantai Lovina
flickr.com/Riviansyah

Danau Buyan dan Danau Tamblingan dikenal sebagai Danau Kembar. Keduanya terpisah sejauh satu kilometer oleh bukit yang tertutup hutan. Terletak 20,5 Km tenggara dari pantai Lovina, danau kembar ini dapat dicapai dengan mobil melalui Jalan Bangkiang Sidem untuk rute tercepatnya.

ARTIKEL LAINNYA:

Berendam di Sumber Air Panas Banjar

mata air panas banjar, Pantai Lovina
flickr.com/basmelotte

Terletak 5 km di barat daya Lovina, Banjar adalah mata air panas yang mengalir ke lingkungan taman yang subur. Air panas yang keluar dari mata air ini memiliki suhu yang sesuai untuk berendam dan memiliki kandungan sulfur yang tinggi.

Berkunjung ke lokasi ini bisa berfungsi sebagai sesi terapi yang dapat menyegarkan tubuh yang lelah. Ruang ganti dan loker disediakan di lokasi. Tempat wisata ini cukup jauh untuk dicapai. Jadi lokasi ini tidak terlalu padat pengunjung.

Kompleks mata air panas terdiri dari empat kolam renang utama. Kolam terbesar disana dilengkapi juga dengan restoran yang menjulang tinggi di sisi utara.

Berenang di Teluk Pemuteran

pemuteran bay, Pantai Lovina
flickr.com/Putu Cavalera

Wilayah pesisir Teluk Pemuteran di barat laut Bali bukan hanya lokasi penyelaman utama, tetapi juga rumah bagi proyek bio rock terkenal, yang diawasi oleh Yayasan Karang Lestari. Teluk ini memiliki area terumbu karang dangkal terbesar di Bali karena gelombangnya yang tenang sepanjang tahun. Anda dapat dengan mudah menikmati pemandangan pertumbuhan terumbu karang yang spektakuler di dekat garis pantai.

Mario
Author

Makhluk penasaran yang suka belajar tentang content marketing, tapi lebih hobi baca novel, manga, main game, gebukin samsak.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.