Inspirasi

Parsel atau Hampers, Mana yang Benar Sebagai Bingkisan Hari Raya?

Pinterest LinkedIn Tumblr

Menjelang Idul Fitri, kini mulai banyak yang membahas bingkisan hari raya apa yang pas untuk dibagikan ke sanak saudara. Biasanya memberi bingkisan spesial ini sudah lumrah dilakukan saat menjelang perayaan spesial. Tidak hanya kepada sanak saudara, biasanya parsel atau hampers pun dibagikan kepada orang terdekat, atau kolega. Biar namanya bisa parsel, bisa hampers, apakah ada perbedaan antara parsel dan hampers?

Parsel dan Hampers Secara Harfiah

Parsel atau Hampers, Mana yang Benar Sebagai Bingkisan Hari Raya?
wallpaperpicturehd.com

Jika melihat KBBI, parsel berarti bingkisan yang berisi berbagai hadiah, baik itu aneka kue, makanan, minuman ringan, barang pecah belah yang ditata apik di dalam keranjang. Kemudian dikirimkan kepada orang-orang tertentu pada hari raya. Sementara itu, hampers belum masuk ke dalam kata serapan Bahasa Indonesia.

Bila merujuk Cambridge Dictionary, parsel adalah benda atau kumpulan benda yang dibungkus kertas, sehingga bingkisan dapat dikirimkan melalui pos. Sementara hampers adalah kotak berisi makanan ringan, minuman ringan, dan biasanya dijadikan sebagai hadiah di momen tertentu, misalnya Natal.

Jika dilihat lagi, masyarakat Indonesia sejak dulu memang lebih akrab dengan kata parsel. Sementara terminologi hampers baru populer dalam beberapa waktu terakhir. Maka di media sosial saat ini hampers lebih sering digunakan sebagai kata yang berarti bingkisan atau hadiah untuk seseorang menjelang hari raya.

Menelisik Parsel dan Hampers Bagi Pengusaha

Aries M Sofyan, selaku pemilik usaha hampers Moventures mengatakan bahwa parsel dan hampers memang berfungsi sama. Pasalnya, kata satu ini sudah sejak lama identik dengan barang pemberian yang ditumpuk-tumpuk. Sementara hampers berbentuk sedikit berbeda karena mengikuti tren masa kini. Walau begitu, pemahaman baik hampers maupun parsel tetap sama saja karena pada akhirnya diberikan untuk orang lain.

Bingkisan Hari Raya Masa Kini Semakin Unik

Parsel atau Hampers, Mana yang Benar Sebagai Bingkisan Hari Raya?
doc. Shawnee Wilborn

Seiring dengan pergeseran nama mulai dari parsel ke hampers, wujud bingkisan hari raya pun semakin beragam. Mulai dari hampers yang berisi kue kering dengan alat salat yang unik. Ada pula hampers berisikan makanan ringan dibalut oleh tas unik. Hampers berisi alat rias dan perawatan diri pun kini banyak juga menjadi pilihan para anak muda untuk memberi bingkisan hari raya kepada sanak saudara atau kolega.

Untuk itu bisa dikatakan baik parsel dan hampers, walau secara terminologi sedikit berbeda, namun sebenarnya keduanya memiliki fungsi yang sama. Mungkin jika kamu hendak mencari inspirasi bingkisan hari raya, bisa menggunakan kata hampers untuk memudahkan kamu dalam pencariannya.

Kamu bisa mencari hampers yang sudah jadi dan siap kirim ke berbagai jasa pembuat hampers atau ke merek tertentu yang menyiapkan paket hampers lengkap. Namun jika kamu ingin merangkai hampers sendiri, kamu bisa mulai cari cara dan inspirasi hampers cantik di berbagai video streaming atau artikel. Sehingga kamu bisa segera mengirim bingkisan hari raya walau jauh dengan sanak keluarga.

Jadi, mau mengirim hampers apa untuk hari raya Idul Fitri nanti?

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.