Kuliner

Pecinta Kuliner Jangan Lewatkan 5 Makanan Khas Kudus Berikut!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Berencana mengunjungi Jawa Tengah dalam waktu dekat? Kalau begitu kamu perlu sekalian berwisata kuliner di sana, salah satunya mencoba makanan khas kudus yang terkenal akan kelezatannya. Kota yang dijuluki Kota Kretek ini memiliki kekayaan kuliner yang tidak kalah lezatnya dengan daerah lain di Indonesia. Lalu, apa saja makanan yang bisa kamu coba saat berkunjung ke Kudus? Simak informasi di bawah ini sampai selesai ya!

Garang Asem

Image source: doyanresep.com

Makanan khas Kudus yang perlu kamu coba yaitu garang asem. Hidangan ini merupakan masakan yang berbahan dasar ayam yang dimasak menggunakan daun pisang. Rasa yang mendominasi makanan ini adalah pedas dan asem. Kalau kamu ke Kudus, tidak akan sulit menemukan hidangan ini karena banyak dijual di rumah makan atau restoran yang ada di sana.

Opor Sunggingan

Image source: tripadvisor.com

Untuk makanan khas Kudus yang satu ini katanya sudah ada sejak zaman Sunan Kudus lho! Artinya opor sunggingan sudah disajikan sejak abad ke-15 dan menjadi salah satu makanan favorit sang Sunan. Seperti halnya garang asem, opor ini berbahan dasar daging ayam yang dibakar terlebih dahulu sebelum disantap bersama kuah santan. Sambal pedas yang disajikan bersama opor sunggingan ini pun semakin menambah kelezatan hidangannya.

Soto Kudus

Image source: craftlog

Indonesia memiliki berbagai hidangan soto yang khas, salah satunya dari Kudus. Dikenal dengan nama soto Kudus, soto ini menggunakan daging kerbau dan disajikan bersama kuah bening. Tetapi, jangan khawatir! Kalau kamu tidak suka daging kerbau, dagingnya bisa diganti dengan ayam suwir dan taoge, jadi kamu bisa tetap mencicipi makanan khas Kudus yang satu ini.

Gethuk Nyimut

Image source: medcom.id

Tidak jauh berbeda dari gethuk khas daerah lain, gethuk nyimut juga berbahan dasar singkong rebus yang dihaluskan. Setelah dihaluskan, singkong pun dibentuk menjadi bulatan-bulatan kecil. Biasanya, makanan khas Kudus ini disajikan bersama gula sebagai penambah cita rasa. Untuk mencicipi gethuk nyimut, coba deh berkunjung ke daerah Kecamatan Colo Kudus. Di sana, banyak warung pinggir jalan yang menjual gethuk khas Kudus ini.

Lentog Tanjung

Image source: cookpad.com

Lentog tanjung adalah salah satu makanan khas Kudus yang terdiri dari potongan lontong dan disajikan bersama sayur gori atau nangka muda, tempe, dan tahu. Selain itu, kamu juga bisa menambah lauk lain seperti sate telur puyuh, usus ayam, dll. Lentog tanjung bisa kamu coba di daerah Kecamatan Jati, tepatnya di Desa Tanjung Karang.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.