Kuliner

Pecinta Kuliner Nusantara, Yuk Cicipi 9 Makanan Khas Majalengka Ini!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Kabupaten Majalengka merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat. Bila dieksplorasi, daerah yang berdekatan dengan Cirebon ini ternyata menyimpan banyak destinasi wisata menarik. Bukan hanya dari segi tempat wisatanya, tapi juga kuliner Majalengka harus kamu jajal. Jika kamu bertandang ke sana, yuk sekalian cicipi sembilan makanan khas Majalengka berikut yang akan tim Holamigo ulas khusus untuk kamu!

Intriwiling

intriwiling kuliner majalengka
Source: budaya-indonesia.org

Nama makanan khas Majalengka ini memang unik ya? Intriwiling terbuat dari singkong yang direbus. Kemudian, setelah matang, singkong rebus tersebut dicampur dengan kelapa parut yang telah dikukus dulu sebelumnya. Sederhana banget kan cara membuatnya? Bahkan kamu bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Jalabria

kue jalabria makanan khas jawa barat
Source: superapps.kompas.com

Merupakan makanan khas Majalengka yang terbuat dari tepung ketan, biasanya tepung ketan hitam. Cara pengolahannya yaitu digoreng kemudian diberi balutan gula merah cair atau gula putih. Selain di Kabupaten Majalengka, jalabria juga populer di Karawang.

Jalakotek

jalakotek makanan khas majalengka
Source: cookpad.com

Makanan khas Majalengka yang satu ini kerap kali dijadikan sebagai menu cemilan. Bahan utama pembuatan jalakotek adalah tepung tapioca atau acid an tahu yang telah dibumbui. Sekilas bentuknya menyerupai kue pastel. Paling enak sih menyantap kuliner Majalengka ini dalam keadaan hangat sambil ditemani es teh manis.  

Oncom Goreng

oncom goreng
Source: shopee.co.id

Sebenarnya di Bandung juga ada panganan ini, tapi oncom goreng khas Majalengka memiliki perbedaan tersendiri. Ukurannya lebih kecil dan saat diolah diberi campuran bumbu khas dan bawang goreng sehingga aromanya lebih menggugah selera. Di Kabupaten Majalengka, oncom goreng ini biasa disantap bersama mie ayam lho!

Kalua Jeruk

kalua jeruk
Source: infociwidey.com

Sesuai namanya, kalua jeruk merupakan makanan khas Majalengka yang terbuat dari daging buah jeruk dan diolah bersama gula kawulang, sejenis gula merah. Dari segi tekstur, kuliner Majalengka ini terasa keras namun ternyata lembut saat dikunyah. Karena rasanya yang manis dan unik, kalua jeruk sering dijadikan juga sebagai buah tangan wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Majalengka.

Nasi Lengko

nasi lengko makanan khas majalengka
Source: theboxsceneproject.org

Orang Jawa Barat pasti sudah tidak asing dengan nasi lengko. Tiap daerah biasanya memiliki nasi lengko yang khas salah satunya Kabupaten Majalengka. Nasi lengko khas Majalengka dipadukan dengan bumbu khas sehingga cita rasanya berbeda dari wilayah lain. Selain itu, sama halnya seperti nasi lengko kebanyakan, kuliner Majalengka ini kerap kali dijadikan sebagai menu sarapan karena rendah kalori dan tidak menggunakan bahan-bahan hewani.

Pepes Jeroan

pepes jeroan
Source: kabare.id

Bila biasanya kamu mendengar kuliner pepes tahu, pepes ikan, atau pepes ayam, Kabupaten Majalengka juga punya olahan pepes yang khas yaitu pepes jeroan. Makanan khas Majalengka ini dimasak cukup lama sehingga tekstur jeroannya lebih empuk dan bumbunya pun lebih meresap. Sama seperti pembuatan pepes pada umumnya, pepes jeroan dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus. Yang membedakan hanya isian dan bumbu yang digunakan.  

Gula Cakar

gula cakar
Source: makanajib.com

Kalau kamu berjalan-jalan di Kabupaten Majalengka, jangan kaget bila melihat panganan berwarna merah muda terang dengan ukuran yang cukup besar. Dikenal dengan nama gula cakar, makanan khas Majalengka ini terbuat dari gula putih, pewarna makanan, dan soda. Bentuknya memang mirip gula batu dan kerap kali dicampurkan sebagai pemanis untuk teh atau kopi. Tetapi tidak sedikit juga yang memakannya langsung untuk dijadikan sebagai cemilan manis.   

Tutut

tutut
Source: smangap.com

Meskipun sudah tidak asing lagi, tutut dari Majalengka memiliki cita rasa yang berbeda karena dimasak bersama beragam rempah. Biasanya makanan khas Majalengka ini banyak diburu oleh wisatawan yang bertandang ke Kabupaten Majalengka. Tutut sendiri merupakan olahan dari keong sawah  dan berukuran kecil lalu dimasak dengan cara direbus bersama bumbu hingga matang. Bisa dimakan langsung atau menyantapnya sebagai lauk pendamping nasi hangat.

Baca Juga:

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.